TANGERANG (Bisnis Jakarta) – Tim nasional sepak bola U-22 Indonesia tak gentar berjumpa dengan Thailand di laga perdana SEA Games 2017, Malaysia pada Selasa (15/8). “Kami harus mewaspadai Thailand, tetapi tidak boleh takut karena kami juga punya teknik dan kemampuan,” ujar pemain timnas U-22 Evan Dimas usai menjalani pemusatan latihan (TC) terakhir hari kedua jelang SEA Games 2017 Malaysia, di Lapangan Sepak Bola Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa.

Evan menyebut pemain-pemain Thailand memang memiliki skill bagus, terutama penyerang Negeri Gajah Putih bernomor punggung sembilan, Chenrop Sampaodi. Chenrop, yang juga bermain di Kualifikasi Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu, dianggap Evan memiliki pengalaman dan kemampuan menahan bola yang bisa merepotkan timnas Indonesia.

“Namun, saya yakin Hansamu Yama dan teman-teman bisa mengantisipasinya,” tutur pesepak bola asal Surabaya tersebut.

Senada dengan Evan, asisten pelatih timnas U-22 Bima Sakti menyebut Thailand bukanlah tim tanpa kelemahan. Ada beberapa catatan dari permainan Thailand yang mendapat perhatian khusus ketika bertemu dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 pada Juli lalu di Thailand yang berakhir seri 0-0.

“Sepanjang sejarah memang mereka selalu ngotot ketika melawan Indonesia. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa kami pelajari usai Kualifikasi Piala Asia kemaren,” tutur Bima.

Adapun latihan pada hari ini, Selasa, merupakan bagian dari TC terakhir timnas U-22 Indonesia untuk SEA Games 2017 Malaysia yang digelar pada 7-11 Agustus 2017 di Lapangan Sepak Bola SPH, Karawaci, Tangerang. Di SEA Games 2017 Malaysia, timnas U-22 Indonesia ada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Timor Leste, Vietnam dan Kamboja.

Timnas U-22 dijadwalkan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (12/8) dan akan melakoni laga pertama di Grup B pada Selasa (15/8) melawan juara bertahan SEA Games, Thailand. Pertandingan kedua dilangsungkan pada Kamis (17/8) kontra Filipina, lalu dilanjutkan versus Timor Leste pada Minggu (20/8). Pertandingan Indonesia melawan Vietnam dan Kamboja masing-masing diadakan Selasa (22/8) dan Kamis (24/8).

Agar dapat lolos ke semifinal, Indonesia setidaknya harus menempati posisi kedua klasemen Grup B. Hal ini tidak mudah karena Thailand sebagai juara bertahan sudah menegaskan ingin menjadi yang terbaik di sepak bola dan futsal, nomor putra maupun putri SEA Games 2017 Malaysia.

“Tujuan kami adalah mempertahankan medali emas dan memberikan itu sebagai hadiah untuk rakyat Thailand. Target tersebut harus tercapai,” kata manajer tim nasional putra Thailand Watanya Wongopasi, dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). (grd/ant)