AirAsia Buka Rute Jakarta-Makau

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes (kiri) menerima ucapan selamat dari wartawan perhubungan usai prosesi penyambutan AirAsia QZ 651 di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Senin (7/8).

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – AirAsia Indonesia resmi meluncurkan rute penerbangan langsung terbarunya yang menghubungkan, Jakarta ke Makau, Tiongkok. Rute baru ini menyusul kesuksesan peluncuran sebelumnya Denpasar-Mumbai, India dan juga Tokyo, Jepang. Hal ini merupakan wujud dari komitmen Grup AirAsia untuk terus mendukung kemajuan pariwisata Indonesia.

Kedatangan perdana AirAsia QZ 651 di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Senin (7/8) dengan membawa 151 penumpang, setelah sebelumnya penerbangan QZ 650 yang membawa 162 penumpang telah mendarat di Macau International Airport.

Penyambutan penerbangan perdana dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi; Deputi Menteri Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar I Gde Pitana; Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub Agus Santoso; Presdir PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin; Pendiri sekaligus CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes; Pendiri sekaligus CEO Grup AirAsia X, Datuk Kamarudin Meranun; Komisaris Utama AirAsia Indonesia, Pin Harris; CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan; serta Dirut AirAsia X Indonesia, Kapten Sulistyo Nugroho Hanung.

Menhub menyampaikan, selamat atas pembukaan rute AirAsia Indonesia dari Jakarta ke Makau, serta terima kasih juga atas komitmennya untuk terus berinovasi. Ia berjanji akan mendukung AirAsia untuk terus mengembangkan rute dan slot untuk penerbangan internasional karena sejalan dengan visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pariwisata.

Menhub minta AP I dan AP II selaku operator bandara-bandara utama di Indonesia agar ada suatu insentif berupa potongan tarif untuk landing fee dan Passenger Service Charge (PSC) dalam waktu tertentu bagi AirAsia sebagai stimulus bagi pertumbuhan angkutan udara.

Ucapan serupa disampaikan I Gde Pitana. Ia menilai, AirAsia telah memberikan kontribusi sebesar 25% dari seluruh wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia di tahun 2016. Rute penerbangan langsung AirAsia Indonesia dari Jakarta ke Makau ini akan menambah konektivitas Indonesia ke kota-kota di Tiongkok Selatan, yang artinya potensi kedatangan wisatawan dari Tiongkok akan semakin besar. “Kami siap untuk terus mendukung AirAsia, salah satunya dengan joint promotion yang sebelumnya telah kami lakukan bersama untuk rute-rute baru seperti Mumbai dan Tokyo,” kata Pitana.

CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan,
pembukaan rute baru merupakan wujud dari komitmen AirAsia mendukung pemerintah dalam menyukseskan program kunjungan 20 juta wisman di tahun 2019. “Ini sebagai upaya untuk terus memajukan pariwisata tanah air sebagai salah satu pilar ekonomi bangsa, serta kontribusi AirAsia terhadap kemajuan industri penerbangan tanah air ” kata Dendy. (son)