Tertibkan Penumpang PT KCJ Pasang Garis Antri

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menanggapi kondisi arus naik turun penumpang KRL yang kerap terjadi bersamaan karena masih adanya pengguna jasa yang enggan memberikan jalur untuk penumpang yang akan turun, sejak dua minggu lalu PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai menertibkan arus naik turun penumpang krl melalui pemasangan garis batas antri penumpang di peron.

Pemasangan garis batas antri berwarna hijau ini ditujukan agar pengguna jasa yang akan naik krl dapat memberikan kesempatan dan tidak menutupi jalur pengguna jasa yang akan turun saat krl tiba di stasiun. Dengan berdiri sesuai dengan garis batas antri yang telah dibuat maka flow penumpang yang akan turun dari krl dapat berjalan lancar di peron.

Pemasangan garis batas antri juga diikuti dengan himbauan kepada pengguna jasa di peron untuk mendahulukan penumpang yang akan turun dan tidak memaksakan diri untuk tergesa-gesa masuk ke dalam krl sebelum aktifitas pengguna jasa yang akan turun selesai.

Himbauan untuk tata tertib naik turun krl sebelumnya juga telah dilakukan melalui pemasangan signage dibagian luar pintu rangkaian namun melihat peningkatan volume penumpang yang cukup pesat dan kondisi penumpang yang kerap melakukan aktifitas naik turun krl bersamaan maka untuk memaksimalkan tata tertib tersebut garis batas antri di peron mulai diterapkan.

Saat ini untuk uji coba awal pemasangan garis batas antri baru dilakukan pada stasiun Jakarta Kota dan Juanda. Dalam waktu satu bulan kedepan PT KCJ secara bertahap akan mulai melengkapi pemasangan garis batas antri diperon tersebut pada 75 stasiun krl jabodetabek. Melalui penerapan garis batas antri tersebut Pengguna jasa juga dihimbau untuk dapat berkerjasama untuk mengikuti tata tertib tersebut agar naik turun penumpang krl diperon dapat lebih teratur dan penumpang dapat terhindar dari resiko berbahaya seperti salah satunya terjatuh atau terdorong jika kegiatan naik turun krl dilakukan bersamaan.

Pemasangan garis batas antri diperon merupakan salah satu upaya PT KCJ untuk terus meningkatkan pelayanan khususnya terkait keselematan dan kenyamanan pengguna jasa. (son)