TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Menjelang hari raya Idul Adha, sebanyak 54 dokter hewan bakal dikerahkan untuk bertugas memantau kondisi kesehatan hewan kurban di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Puluhan dokter ini akan berkeliling ke lapak pedagang hewan kurban di seluruh Tangsel. “Menjelang perayaan Idul Adha 1438 Hijriah, tahun ini kita kerjasama dengan 54 dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel, Nur Slamet.

Ke-54 dokter hewan ini, nantinya bersama petugas DKP3 Kota Tangsel menyisir ke lokasi lapak-lapak pedagang ternak kurban. Semua ternak kambing, domba, sapi kurban diperiksa kondisi kesehatannya. “Dokter hewan juga ditugaskan memantau tiga Dewan Kemakmuran Masjid panitia penyembelihan hewan kurban di setiap kelurahan,” imbuhnya.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini diakui Nur Slamet untuk memastikan bahwa ternak yang dijual atau dipotong aman dikonsumsi. “Sehingga, masyarakat akan nyaman mengkonsumsi hewan kurban,” pungkasnya. (nov)