KUALA LUMPUR (Bisnis Jakarta) – Sejumlah suporter yang tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia telah menyiapkan bendera merah putih raksasa untuk mendukung Timnas Indonesia dalam pertandingan sepak bola SEA Games ke 29 di Kuala Lumpur.

“Banyak hal yang telah kami siapkan utk mendukung Timnas di SEA Games ini termasuk bendera merah putih 20 x 30 meter yang sudah kami gagas sejak enam bulan yang lalu,” ujar Koordinator Aliansi Suporter Indonesia, Aditia Dulo di Kuala Lumpur, Senin.

Dia mengatakan sejumlah komunitas suporter siap memberikan dukungan diantaranya Bonek Malaysia, Ultras Gresik Malaysia, Kediri Extreem Malaya, Bobotoh Malaya, Kconk Mania Malaysia, dan berbagai suporter klub Indonesia yang berada di Malaysia.

“Tentang dukungan dana sejauh ini belum ada dukungan dari pihak manapun, semuanya berasal dari inisiatif teman-teman sendiri dari biaya hingga tenaga,” katanya.

Dia menghimbau supaya teman-teman suporter yang memang bekerja di Malaysia atau teman-teman suporter yang datang dari Indonesia dapat bergabung dengan pihaknya dan berkumpul di Gapura Stad Shah Alam dua jam sebelum kick off dimulai. “Mengenai tiket, kami juga dapat membantu untuk mengakomodir secara kolektif,” kata Koordinator Bonek Malaysia tersebut.

Pada kesempatan yang Pengurus Aliansi Suporter Indonesia lainnya, Luki Ardianto mengatakan kehadiran aliansi di Malaysia ini salah satu tujuan utamanya agar suporter Indonesia tidak terpecah seperti dulu. “Terpecah dalam arti koordinasi, maka dari itu kami dari kemarin terus menjajaki komunitas suporter Klub Indonesia di Malaysia untuk bergabung dan menjadi satu untuk mendukung Indonesia dalam satu wadah dan satu warna,” katanya.

Koordinator Kediri Xtreme pendukung Persik Kediri ini mengajak komunitas suporter Indonesia di Malaysia bergabung dengan aliansi. “Kita Bersatu untuk Indonesia, hilangkan rivalitas, karena Indonesia itu lebih utama. Kita bersama membuktikan bahwa kita bisa bersatu dalam panji merah putih. Ayo Dukung Indonesia. Simpan dulu atribut klub. Mari kita merahkan tribun penonton di setiap laga Indonesia dengan lagu Indonesia Bisa,” katanya.

Pada Selasa (15/8) Timnas Indonesia VS Thailand di Stadium Shah Alam pukul 16.00, Kamis (17/8) Indonesia VS Filipina di Stadium Shah Alam pukul 16.00, Minggu (20/8) Indonesia VS Timor Leste di Stadium Selayang pukul 16.00, Selasa (22/8) Indonesia VS Vietnam di Stadium Selayang, Kamis (24/8) Indonesia VS Kamboja di Stadium Shah Alam pukul 16.00. (grd/ant)