JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi merasa yakin tim nasional sepak bola Indonesia dapat mengalahkan tim Thailand dalam laga pertama grup B SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Stadion Shah Alam Selangor Malaysia, pada Selasa (15/8).

“Pertandingan itu akan menjadi pembuktian pertama bagi pelatih Luis Milla Aspas untuk melihat bahwa pemain kita tidak kalah dibanding Thailand,” kata Menpora di Jakarta, Senin, setelah melepas 10 murid sepak bola untuk berlatih di klub Barcelona.

Meskipun tidak menyebut nominal, Menpora mengaku telah menyiapkan bonus bagi para pemain tim nasional sepak bola jika menampilkan permainan terbaik dan mengalahkan Thailand. “Jika mereka mulai hal terbaik, itu akan berujung pada hal baik juga. Para pemain timnas, seperti disebut Presiden, tidak hanya bermain dalam satu tim 11 pemain, tetapi juga dengan dukungan doa 220 juta penduduk Indonesia,” ujarMenpora.

Tim sepak bola nasional U-22, pada Jumat, telah mengumumkan skuat tim yang terdiri dari 21 pemain dan akan berlaga dalam SEA Games ke-29. Para pemain yang masuk dalam skuat tim nasional adalah Kurniawan Kartika Aji (dari tim Persiba Balikpapan), Satria Tama (Persegres Gresik United) dan Mochammad Diky Indriyana (Bali United) di posisi penjaga gawang.

Kemudian, ada Andy Setyo (PS TNI), Hansamu Yama (Barito Putera), Ryuji Utomo (Persija), Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Ricky Fajrin (Bali United) dan Rezaldi Hehanusa (Persija) sebagai bek.

Di sektor gelandang, ada M Hargianto (Persija), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema FC), Evan Dimas (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Febri Hariyadi (Persib), Osvaldo Hay (Persipura) dan Saddil Ramdani (Persela).

Terakhir, posisi penyerang akan dilakoni Ezra Walian, Marinus Mariyanto (Persipura) dan Yabes Roni (Bali United). Sementara mereka yang dicoret adalah penjaga gawang Ravi Murdianto (PS TNI), bek tengah Bagas Adi Nugroho (Arema FC) serta dua gelandang yaitu Gian Zola (Persib) dan Miftahul Hamdi (Bali United).

“Kami memulangkan empat pemain dan membawa 21 pemain ke SEA Games. Mereka yang tidak masuk skuat bukanlah pemain jelek, tapi ini kebutuhan dan dalam peraturan hanya boleh mendaftarkan 20 pemain,” kata asisten pelatih timnas U-22 Bima Sakti.

Selain bersama Thailand, Indonesia juga berada satu grup dengan tim Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste. Indonesia akan bertanding pada laga kedua grup B SEA Games menghadapi Filipina pada 17 Agustus. Kemudian, timnas akan menghadapi Timor-Leste pada 20 Agustus, melawan Vietnam pada 22 Agustus, dan bertanding dengan Kamboja pada 24 Agustus. (grd/ant)