JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengaku bangga dengan perjuangan Evan Dimas dan kawan-kawan meski timnas hanya bermain imbang 1-1 dengan Thailand pada pertandingan SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam Malaysia, Selasa.

“Kita harus bangga dengan perjuangan mereka. Meski sempat tertinggal, timnas mampu bangkit meski terus mendapatkan tekanan lawan,” kata Menpora di sela nonton bareng di media center Kemenpora Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pada babak pertama cukup banyak peluang yang seharusnya mampu tercipta gol. Hanya saja beberapa peluang yang ada belum mampu terkonversi dengan baik sehingga timnas Garuda Muda selalu tertahan dalam upaya menyamakan kedudukan.

“Sentuhan akhir kami lihat belum sepenuhnya maksimal di babak pertama. Namun, saya melihat di babak kedua berbeda. Instruksi dari pelatih Luis Milla saya melihat bisa diaplikasikan oleh pemain,” kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Pada pertandingan perdana Grup B, Indonesia memang tertinggal lebih dulu dari gol yang diciptakan pemain Thailand, Chaiyat Buran pada menit 14. Gol cepat ini memicu, anak asuh Luis Milla untuk mencoba menyamakan kedudukan. Hanya saja hingga babak pertama usai tetap tertinggal 0-1.

Memasuki babak kedua, Osvaldo Hay dan kawan-kawan mencoba mengembangkan permainan. Hasilnya Septian David Maulana mampu menyamakan kedudukan melalui titik pinalti pada menit 61. Kondisi ini bertahan hingga pertandingan usai.

Melihat pola permainan yang diperagakan timnas, Menpora Imam Nahrawi optimis bakal meraih hasil terbaik pada pertandingan berikutnya melawan Filipina, Kamis (17/8). Modal satu poin diharapkan menjadi pemicu untuk meraih tiga poin. “Pertandingan berikutnya harus lebih baik lagi. Ayo tunjukkan kemampuan terbaikmu,” kata pria kelahiran Bangkalan Madura itu.

Dengan imbang 1-1, untuk sementara Indonesia berada diposisi tiga klasemen dengan nilai yang sama dengan Thailand. Sedangkan posisi puncak ditempati Vietnam setelah menang telak 4-0 atas Timor Leste. (grd/ant)