Bursa Saham London (bahasa Inggris: London Stock Exchange, LSE) adalah sebuah bursa saham yang terletak di London. Didirikan pada 1801, bursa ini merupakan salah satu bursa saham terbesar di dunia, dengan banyak pencatatan saham dari luar negeri dan juga perusahaan Britania Raya.

LONDON (Bisnis Jakarta) – Saham-saham Inggris berakhir lebih kuat pada Selasa (15/8), dengan indeks acuan FTSE-100 di London naik 0,41 persen atau 29,96 poin menjadi 7.383,85 poin. EasyJet, maskapai bertarif rendah di Inggris, melonjak 4,51 persen, menjadikannya sebagai peraih keuntungan terbesar (top gainer) dari saham-saham unggulan atau blue chips.

Diikuti oleh saham International Consolidated Airlines Group dan BAE Systems, yang masing-masing meningkat sebesar 2,94 persen dan 2,33 persen. Sementara itu, Provident Financial, pemberi pinjaman sub-prime Inggris, menjadi saham dengan kinerja terburuk (top loser) dalam saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya jatuh 3,78 persen.

Diikuti oleh Randgold Resources, perusahaan pertambangan emas, turun 3,16 persen, kemudian Fresnillo, perusahaan pertambangan logam mulia asal Meksiko, turun 2,97 persen. (grd/ant)