Bursa Saham Madrid (bahasa Spanyol: Bolsa de Madrid; pengucapan bahasa Spanyol: [ˈbolsa ðe ˈmaðɾið]) adalah bursa efek terbesar di Spanyol yang perdagangan saham dan obligasi konversi dan efek pendapatan tetap, dan kedua utang pemerintah dan sektor swasta. Bursa Saham Madrid secara resmi didirikan pada tahun 1831, dan sekarang dimiliki oleh Bolsas y Mercados Españoles.

MADRID (Bisnis Jakarta) – Saham-saham Spanyol diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Selasa (15/8), dengan indeks acuan IBEX-35 di Madrid naik tipis 0,19 persen, kembali merangkak menuju titik 10.500 poin dengan berakhir di 10.481 poin. Selasa (15/8) merupakan hari libur nasional di Spanyol dan merupakan salah satu sesi dengan volume perdagangan terendah selama tahun ini dengan sedikit pergerakan dalam nilai-nilai saham.

Namun, suasana santai memungkinkan IBEX membangun perdagangan positif untuk memulihkan lebih banyak nilai saham yang hilang, setelah dalam tiga sesi akhir pekan lalu mengalami kerugian besar. IAG meningkat 2,42 persen, merupakan peraih keuntungan terbesar dalam saham-saham unggulan, diikuti Ferrovial bertambah 0,86 persen dan Iberdrola naik 0,83 persen.

Sementara itu, saham Siemans Gamesa mengikuti kerugian sehari sebelumnya dengan lebih lanjut merosot 1,81 persen, diikuti oleh saham Acernox berkurang 1,30 persen dan Technicas Reunidas mengalami penurunan sebesar 1,25 persen.

Premi risiko Spanyol ditutup pada 102,9 poin dan suku bunga obligasi 10 tahun naik tipis menjadi 1,46 persen. (grd/ant)