JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Tim olahraga liong barongsai Indonesia baru-baru ini mendapat kehormatan untuk tampil di Pakistan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan negara di Asia Selatan tersebut yang ke-70. “Ini baru pertama kalinya kami diundang oleh Pakistan, sambutan masyarakat di sana sangat antusias,” kata ketua delegasi tim liong barongsai Indonesia Nurdin Purnomo di Jakarta, Kamis, setelah kembali dari kunjungan ke Pakistan.

Penampilan tim Indonesia, yang terdiri atas atlet-atlet asal Bangka Belitung, berlangsung di kota Quetta, ibu kota Provinsi Balochistan, Pakistan, sejak 13 Agustus lalu, dilanjutkan dengan serangkaian acara yang difasilitasi pemerintah setempat.

Rombongan tim Indonesia juga diterima oleh Gubernur Balochistan Muhmamad Achakzai di kediamannya di Quetta Di Quetta, kata Nurdinyang juga Ketua Umum Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) itu, pertunjukan barongsai terbilang jarang sehingga stadion tempat acara tersebut dipenuhi oleh lebih dari 20 ribu orang yang ingin menyaksikan.

Kesempatan tersebut juga untuk menunjukkan bahwa barongsai bukan hanya milik China, tapi Indonesia pun miliki tim kesenian dan olahraga tersebut. Quetta, berlokasi di dekat perbatasan dengan Afghanistan, sering disebut sebagai salah satu kawasan berbahaya di Pakistan, terkait sejumlah peristiwa teror.

Bahkan sehari sebelum kedatangan tim Indonesia, di Quetta terjadi serangan bom di sebuah pasar kota tersebut yang menewaskan 15 orang. “Selama di sana penjagaan memang cukup ketat. Tapi kami senang karena pertunjukkan yang kami lakukan berjalan lancar dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat,” kata Nurdin. (grd/ant)