CETAK GOL - Pemain Timnas U-22 Septian David Maulana (kedua kiri) dihadang pesepak bola Filipina U-22 Julian Mariano saat mencetak gol pertama Indonesia pada babak penyisihan grup B SEA Games XXIX di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (17/8). (foto:Antara)

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Tim Nasional U-22 Indonesia memperbesar peluang lolos dari Grup B cabang sepak bola putra SEA Games 29/2017, Malaysia, setelah mengalahkan Filipina dengan skor 3-0, Kamis malam ini. Hasil ini membuat Indonesia mengumpulkan empat poin dari dua laga dan berada di posisi kedua. Catatan ini sama dengan Thailand, hanya saja Timnas U-22 unggul produktivitas gol. Keduanya berselisih dua angka dengan Vietnam. Di laga berikutnya Indonesia akan bertemu Timor Leste pada 20 Agustus mendatang.

Septian David Maulana membuka gol Indonesia pada menit ke-6 dan digandakan Muhammad Hargianto saat babak pertama memasuki injury time. Di sepanjang babak pertama, permainan didominasi oleh Hansamu Yama dan kawan-kawan.

Memasuki babak kedua, Timnas U-22 melanjutkan dominasinya. Menit 58, winger asal klub Persela Lamongan, Saddil Ramdani, mencetak gol indah ke gawang Filipina. Sepakan keras Saddil dari luar kotak penalti, membuat Timnas U-22 unggul 3-0.

Ezra Walian hampir saja menambah pundi gol bagi Timnas U-22 di menit 80. Sayang, sepakan Ezra mampu diblok pemain belakang Filipina, Joshua Crommen.  Akhirnya, Timnas U-22 mampu mempertahankan kemenangan 3-0 atas Filipina.

Bagi Septian David, gol tersebut adalah gol keduanya di SEA Games 2017 Malaysia setelah sebelumnya menjebol gawang Thailand dari titik penalti di laga perdana timnas, Selasa (15/8) Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Indonesia menurunkan tim yang sedikit berbeda dibandingkan pertandingan kontra Thailand.

Nama-nama yang sebelumnya menjadi cadangan yaitu Putu Gede Juni Antara, Saddil Ramdani, Yabes Roni dan Ezra Walian diturunkan oleh pelatih Luis Milla sejak menit pertama. Hasilnya, Indonesia langsung tampil menekan dan bisa mencetak gol cepat di menit ke-6. Berawal dari serangan melalui sisi kiri pertahanan Filipina, Putu Gede Antara mengirimkan umpan silang ke kotak penalti lawan yang disambar oleh Septian David dan masuk mulus ke dalam gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Ray Joseph Joyel. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Tekanan demi tekanan terus dilakukan Indonesia ke pertahanan Filipina yang membuat tim asuhan Marlon Maro tersebut sulit mengembangkan permainan. Di menit ke-13, Septian David sempat mendapatkan peluang, tetapi tendangannya masih melebar dari gawang.

Gol kedua untuk Indonesia tiba di menit ke-45+1. Kerja sama apik para pemain Indonesia di depan kotak penalti Filipina diakhiri dengan umpan terobosan terukur dari Septian David ke arah Hargianto yang sudah berlari menembus barikade pertahanan lawan.

Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, gelandang bertahan asal klub Persija tersebut tanpa kesulitan melesakkan gol gawang Thailand. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Indonesia dan tidak berubah sampai peluit tanda berakhirnya babak pertama ditiup oleh wasit Sudish Kumar Pandey. (grd)