TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Anti Narkoba (PERANK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengungkapkan bahwa narkoba jenis ganja atau cimeng menempati posisi tertinggi yang diminati kalangan pemuda. Karena itu PERANK tengah gencar menitik beratkan sasaran pada kalangan pelajar, khususnya pelajar tingkat SMP dan SMU. “Dari investigasi yang kami lakukan selama ini, umumnya narkoba jenis cimeng (ganja) masih paling banyak diminati bagi kalangan pelajar,” ungkap Ketua DPD Perank Tangsel, Ali Nasution.

Lebih lanjut Ali mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mendata jumlah pengguna narkoba di Banten dan Tangsel. Untuk itu pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Badan Narkotika Nasional, baik ditingkat wilayah maupun Banten. “Tentunya kami masih harus berkoordinasi dengan pihak BNN. Karena sampai saat ini, kami sendiri masih belum memiliki Bank Data terkait jumlah pengguna narkoba di Tangsel maupun Banten,” imbuhnya.

Mengenai peredaran jenis shabu, Ali tak menampik jika jenis tersebut juga masih mendominasi. Namun untuk kalangan pelajar kurang diminati karena harganya yang relatif mahal. “Kalau sabu, biasanya digunakan oleh kalangan pekerja atau masyarakat usia produktif. Kalangan pelajar kurang  menyukai sabu, karena harganya yang relatif mahal,” pungkasnya. (nov)