JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Panglima TNI yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo minta para karateka Indonesia bertarung tanpa kenal takut demi mendapatkan hasil terbaik di SEA Games ke-29, Malaysia.

“Lihat para pahlawan Indonesia dahulu yang tidak pernah takut melawan musuh walau dengan senjata seadanya,” ujar Gatot dalam acara pelepasan atlet karate Indonesia di SEA Games ke-29 2017, Malaysia, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat.

Menurut Gatot, sejatinya seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali sudah memiliki darah ksatria, patriot dan petarung di dalam darahnya, begitu pula para atlet termasuk karateka. Bedanya, para atlet memiliki kesempatan untuk menunjukkan semangat tersebut ke seluruh dunia melalui olahraga. Ketika berhasil, Bendera Merah Putih pun akan berkibar dan dihormat oleh warga internasional. Inilah yang disebut Panglima TNI kerap membuatnya iri.

“Saya saja sebagai Panglima TNI tidak bisa melakukan seperti itu, mengibarkan Bendera Indonesia di negeri orang dan dihormati oleh masyarakat dari berbagai negara. Karena itulah saya sebenarnya iri pada kalian,” tutur Gatot.

Karena itulah, dia meminta karateka yakin pada kemampuannya sendiri, yakin pada beragam latihan dan turnamen sebelumnya yang sudah dijalani, bahwa itu semua bisa membawa prestasi tertinggi bagi negara di SEA Games 2017, Malaysia.

“Perhatikan betul lawan kalian nanti, antisipasi keunggulannya dan maksimalkan kelemahannya. Saya yakin kalian bisa dan mampu mendapatkan emas,” tutur Gatot.

Wejangan dari Panglima TNI sekaligus Ketua Umum PB Forki tersebut mendapat sambutan baik dari para karateka. Karateka berpengalaman yang turun di kumite putra Hendro Salim menyebut Panglima TNI bisa memotivasi dia dan rekan yang akan bertarung di Malaysia. “Pengaruh motivasi Panglima TNI sangat besar karena dia ketua kami,” ujar Hendro, karateka yang kini berusia 29 tahun.

Kontingen karate Indonesia menyiapkan 18 atlet ditambah dua atlet cadangan untuk SEA Games ke-29 2017, Malaysia, dengan target dua emas dari PB Forki. Cabang olahraga karate akan dipertandingkan pada 22-24 Agustus 2017 di Kuala Lumpur Convention Centre, Hall 1, Malaysia. (grd/ant)