BUMN Hadir Untuk Negeri Dirut Garuda Mengajar SMA di Banjarmasin

TANGERANG (Bisnis Jakarta) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia, serta sebagai upaya untuk terus berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan janji kemerdekaan, maka Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N.Mansury yang mewakili maskapai nasional bangsa Garuda Indonesia ikut serta dan berpartisipasi pada rangkaian program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 16-17 Agustus 2017.

Rangkaian program pengabdian masyarakat bertajuk “BUMN Hadir Untuk Negeri” di Banjarmasin tersebut merupakan inisiasi Kementerian BUMN yang diimplementasikan Garuda Indonesia bekerjasama dengan Damri, Perumnas, PNRI dan AirNav dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia Ke 72.

Melalui kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” tersebut, Garuda Indonesia melaksanakan serangkaian program pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteran dan pengembangan potensi ekonomi lokal daerah setempat, salah satunya dalam bentuk mengajar.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan bahwa rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri tersebut merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia yang sejalan dengan fungsinya sebagai agen pembangunan bangsa, khususnya terkait dengan komitmen kesinambungan pembangunan bangsa. Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan misi Kementerian BUMN RI yang mengedepankan peran strategis BUMN sebagai pilar pembangunan bangsa.

Pahala menambahkan, “Dilaksanakannya program “BUMN Hadir Untuk Negeri” tersebut sekaligus menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar, dengan memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat.”

Rangkaian program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang diselenggarakan Garuda Indonesia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Agustus 2017 yang diisi dengan berbagai rangkaian program CSR dan pengabdian masyarakat BUMN.

Adapun rangkaian program tersebut terdiri dari program “Siswa Mengenal Nusantara” (SMN), yaitu suatu program yang pertukaran pelajar dalam hal ini provinsi Kalimantan Selatan dengan pelajar dari provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan pertukaran pelajar ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan kepada generasi muda perihal keberagaman adat & budaya, serta edukasi upaya pelestarian kekayaan alam di Indonesia. Selain itu para siswa diberikan edukasi mengenai wawasan entepreunership, kesenian, sejarah, budaya dan wawasan nusantara.

Terdapat 20 siswa terpilih yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu, dua diantara siswa merupakan siswa difabel (tuna rungu). Selain siswa, juga dikirim 3 pendamping yang merupakan guru teladan se Kalimantan Selatan.

Selain itu dilaksanakan juga program “Bedah Rumah Veteran (BRV)” khususnya bagi paea veteran di Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk memberikan rumah layak huni bagi para pejuang yang telah berjuang untuk memerdekakan negeri ini, negara Republik Indonesia. Rumah yang dibedah berjumlah 28 rumah, 5 diantaranya telah selesai dilakukan, sementara 23 rumah masih dalam proses penyelesaian

Program lainnya adalah “Pendidikan dan Pelatihan Mantan Atlet” sebanyak 15 orang , yaitu memberikan pendidikan dan pelatihan mantan atlet mengenai usaha kecil dan menengah (UKM). Dalam kesempatan ini, diberikan pelatihan manajemen UKM dan kerajinan dari bambu. Diharapkan dengan program ini, akan timbul jiwa entepreunership yang dapat membantu meningkatkan taraf kehidupan para mantan atlet. Dalam kesempatan ini, diberikan modal kerja sebesar Rp 10 jt per orang.

Selain itu pada rangkaian kegiatan tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury juga berkesempatan melaksanakan program “Kelas Inspirasi” yang bertujuan memberikan kesempatan bagi siswa siswi untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan serta juga memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita. Kelas inspirasi ini akan dilaksanakan di SMAN 1 Banjar Baru, Banjarmasin – Kalimantan Selatan.

Selain itu, Garuda juga memberikan bantuan berupa peralatan belajar mengajar untuk mempermudah siswa siswi dalam proses belajar.

Garuda sejak tahun 2014 – 2016 telah melakukan program Kelas Inspirasi di beberapa wilayah yaitu : DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Saumlaki, Maluku, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat dan Kalimantan Timur. Tahun 2017 ini, dilakukan di Kalimantan Selatan. (son)