JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Manajer tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games 2017, Susy Susanti, menegaskan tim putri harus berjuang keras saat melawan tim tuan rumah Malaysia pada fase empat besar demi mengamankan satu tiket final.

“Pokoknya tim putri harus kerja keras dan berjuang semaksimal mungkin di lapangan. Karena di lapangan semua bisa terjadi meski beberapa nomor akan sangat ketat dan beberapa pemain mereka rankingnya di atas pemain kita,” ujar Susy dalam keterangan PB PBSI di Jakarta, Selasa.

Tim putri Indonesia memang diperkirakan akan mendapatkan ujian berat untuk mengamankan tiket partai puncak dari tim tuan rumah Malaysia yang melaju ke semifinal selepas menumbangkan Myanmar dengan skor 3-0.

Berdasar peta kekuatan yang dimiliki Negeri Jiran tersebut, nomor ganda putri akan menjadi andalan Malaysia, pasalnya di nomor tersebut ada nama-nama Vivian Hoo/Woon Khe Wei dan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean yang akan menjadi tantangan bagi wakil Indonesia Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Adapun di nomor tunggal, nama Goh Jin Wei yang pernah menjadi juara dalam Kejuaraan Dunia Junior 2015 menjadi salah satu andalan Malaysia dan harus diwaspadai oleh Fitriani cs untuk mendulang poin dari nomor tersebut.

“Pertarungan Indonesia melawan Malaysia ini memang akan jadi ujian terberat sebelum partai final karenanya saya berharap semua pemain tetap beri yang terbaik kalau memang kita konsisten dan fokus, kita akan bisa mengatasi,” ujar Susi.

Susi menilai melawan tim Malaysia yang akan mendapat dukungan penuh dari penonton di Axiata Arena merupakan perang mental yang dia sebut sudah terasa sejak tim mendarat di Kuala Lumpur. “Berhadapan dengan tuan rumah, ada suatu hal yang harus diperhatikan yaitu perang mental. Memang perang mental itu sudah ada dari awal kami tiba di sini. Tapi kami tetap berpikiran positif saja, mudah-mudahan ini jadi berkat buat kami. Namanya pertandingan, sportivitas itu diatas segalanya. Jadi dalam perang mental seperti itu, kalau memang kita mau juara, kita harus hadapi,” tutur Susi.

Laga semifinal beregu putri antara tim Indonesia melawan Malaysia akan dimainkan pada Rabu (23/8) pukul 09.00 waktu Kuala Lumpur. (grd/ant)