BERIKAN ARAHAN - Pelatih Luis Mila (kedua kiri) memberi arahan kepada pemain Timnas U-22 Evan Dimas (kiri) saat melawan Timnas U-22 Kamboja pada laga terakhir penyisihan grup B SEA Games XXIX Kuala Lumpur di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8). Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0 sekaligus memastikan lolos ke babak semi final. (Foto:Antara)

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Luis Milla minta para pemainnya untuk menikmati laga mereka di semifinal sepak bola putra SEA Games ke-29, Malaysia melawan tuan rumah Malaysia pada Sabtu (26/8).

“Tidak ada yang spesial dari laga kontra Malaysia. Saya hanya akan mengatakan kepada pemain untuk enjoy semifinal,” kata Milla, dikutip dari pernyataannya kepada media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Kamis.

Di semifinal, Milla mengindikasikan tetap akan menggunakan strategi permainan melebar memanfaatkan kecepatan para pemain sayap. Namun, dia menyebut anak-anak asuhnya juga fasih bermain di ruang yang lebih sempit. “Kalian bisa bilang kami lebih nyaman ketiga bermain melebar di lapangan. Namun kami juga bisa bagus berlaga di lapangan kecil,” kata Luis Milla.

Sementara terkait laga terakhir Grup B kontra Kamboja, Kamis (24/8), yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-0, Milla menyebut sengaja memainkan formasi tiga bek di akhir-akhir pertandingan.

Menurut dia itu salah satu cara memperkuat lini tengah dan mengistirahatkan gelandang serang yang juga pencetak gol terbanyak timnas U-22 di SEA Games 2017, Septian David Maulana. Selain itu, Luis Milla juga meminta maaf atas perilaku Marinus Wanewar di akhir pertandingan yang menurutnya tidak benar.

“Harusnya sebagai pemain nasional dia menjaga diri karena setiap orang Indonesia di SEA Games adalah wajah tim nasional dan negara,” tutur dia.

Tim nasional U-22 Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal sepak bola putra SEA Games k-29 2017, Malaysia setelah di pertandingan terakhirnya di Grup B, Kamis, berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia dengan 11 poin berada di posisi kedua klasemen Grup B setelah di laga lainnya, digelar di waktu yang sama, Thailand mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Thailand pun menjadi juara Grup B dengan 13 poin dan Vietnam, yang sebelumnya memimpin klasemen, harus tersingkir dari SEA Games 2017.

Dua gol Indonesia di laga yang digelar di Stadion Shah Alam, Malaysia itu ditorehkan oleh Ezra Walian pada menit ke-55 dan Febri Hariyadi di menit ke-69. (grd/ant)