JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil menggenapkan wakil Indonesia menjadi empat di putaran perempat final Kejuaraan Dunia bulu tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Jumat dini hari, hal tersebut dipastikan setelah pasangan putra andalan Indonesia tersebut meraih hasil positif dalam pertandingan putaran tiga atas duet asal Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov dalam pertarungan dua gim langsung.

Di awal gim pembuka, kedua pasangan memainkan permainan yang apik dengan saling kejar mengejar poin hingga pada kedudukan 9-9, Marcus/Kevin berhasil mengumpulkan dua poin berturut-turut untuk menutup interval gim pertama 11-9.

Marcus/Kevin terus mengumpulkan poin demi poin meninggalkan raihan Ivanov/Sozonov. Akan tetapi pasangan Rusia tersebut perlahan namun pasti mendekati poin duet Indonesia, bahkan hingga pada kedudukan 20-19 sebelum akhirnya Marcus/Kevin mengamankan gim pembuka tersebut dengan kemenangan 21-19.

Kehilangan gim pembuka, membuat Ivanov/Sozonov langsung tancap gas dengan memimpin perolehan poin di awal gim kedua. Namun Marcus/Kevin menempel ketat hingga skor 4-5. Setelah kedudukan disamakan dan dibalikan oleh pasangan Indonesia, laga ketat pun tersaji dengan dua kali kedudukan berlangsung imbang. Dengan konsistensi yang dimiliki, pasangan Indonesia akhirnya berhasil terus menjaga jarak poin dan memenangkan gim kedua 21-16 yang sekaligus memastikan langkah mereka menuju perempat final Kejuaraan Dunia.

Atas kemenangan ini, Marcus/Kevin menjadi ganda putra Indonesia kedua yang sekaligus menggenapkan wakil Tanah Air di perempat final Kejuaraan Dunia setelah sebelumnya pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dan dua duet ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto lebih dulu ke delapan besar.

Di perempat final, pasangan Indonesia akan ditantang oleh pemenang dalam pertandingan yang mempertemukan sesama wakil Negeri Tirai Bambu, China, melalui Huang Kaixing/Wang Yilyu (13) yang menghadapi Chai Biao/Hong Wei (6). (grd/ant)