GIANYAR (Bisnis Jakarta) – Tuan rumah Bali United menjaga tren positif saat berlaga di kandang. Dalam empat laga terakhir tim asuhan Widodo C Putra meraih kemenangan. Terakhir, Persela Lamongan dibuat tak berdaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu 3 September 2017, setelah tim Serdadu Tridatu menggelontorkan gawang Choirul Huda lima gol, sementara hanya mampu dibalas satu gol oleh tim tamu.

Di babak pertama, Persela menerapkan pertahanan ketat yang mampu memaksa tuan rumah bermain imbang. Tak ada gol yang terjadi di babak pertama, meski kedua tim mempunyai peluang untuk mencetak gol. Bali United mengawali peluang di menit 7. Umpan Taufiq bisa disambar sundulan oleh Sukarja yang sayang masih bisa ditangkap kiper Choirul Huda.

Menit 9, Bali United kembali mengancam. Kali ini melalui aksi Andhika  melepaskan tembakan keras. Tapi upayanya berhasil diblok pertahanan Persela. Pada menit 19, giliran Persela yang mengancam. Tendangan bebas Jose Manuel Barbosa Alves yang mengarah ke pojok kanan gawang masih bisa ditepis oleh kiper I Made Wardhana.

Bali United kembali menciptakan peluang di menit 32 melalui sundulan Sylvano Dominique Comvalius memanfaatkan tendangan bebas Fadil. Tapi sundulannya masih melebar.

Tuan rumah baru bisa memecah kebuntuan saat babak kedua berjalan empat menit. Comvalius sukses memanfaatkan umpan sundulan dari Van der Velden di sisi kanan gawang. Unggul 1-0 tak membuat Bali United mengendurkan serangan. Hasilnya, pada menit 67, Bali United berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Van der Velden yang meneruskan umpan matang Comvalius di mulut gawang. Sepakan gelandang asal Belanda itu gagal diselamatkan Huda.

Bali United kembali mengoyak jala Persela di menit 75. Comvalius kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan Lilipaly. Persela sempat mencetak gol hiburan di menit 81 lewat aksi apik Jose Manuel Barbosa Alves yang melepas tendangan bola melambung melewati Wardhana.

Namun, Bali United kembali mencetak gol di laga ini pada menit 85. Umpan Lilipaly yang menusuk jantung pertahanan Persela bisa dimaksimalkan Irfan Bachdim. Pesta gol tuan rumah ditutup Taufiq yang melepas tendangan keras dari luar kotak penalti di menit 89. Bola meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang. Kemenangan ini mengokohkan posisi Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 44 poin dari 22 laga. Sementara Persela masih tertahan di posisi 15 dengan 24 poin. (grd)