SAMARINDA (Bisnis Jakarta) – Mitra Kukar tetap menjaga keangkeran Stadion Aji Imbut usai mengalahkan tamunya, Madura United, dengan skor 2-1 pada lanjutan Liga 1/2017, Minggu. Tim berjuluk Naga Mekes sempat ketinggalan pada babak pertama oleh penyerang Madura United, Greg Nwokolo, pada menit 34.

Namun, Saufullah Maulana dan kawan-kawan berhasil bangkit dan membalikkan keadaan pada babak kedua melalui Marclei Cesar Caves Santos pada menit 80 dan Andre Agustian Prakasa pada menit 84. Bertanding dalam guyuran hujan lebat, membuat kedua tim tidak bisa menampilkan taktik dan strategi secara sempurna.

Pada babak pertama Tim Madura United cukup menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Penyerang tim berjuluk “Sapeh Kerap” Greg Nwokolo akhirnya bisa memecahkan kebuntuan gol bagi tim tamu pada menit 35 setelah memanfaatkan kemelut bola hasil sepak pojok, setelah sejumlah peluang emas terbuang percuma.

Memasuki babak kedua, pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok, hanya memasukkan satu pemain baru, Aldino Herdianto, untuk menambah daya serang tim tuan rumah. Kondisi lapangan yang masih licin karena guyuran hujan tak membuat permainan kedua tim mengalami perubahan pada babak kedua.

Tim tamu, Madura United, tetap unggul dalam penguasaan bola dan bisa leluasa menekan jantung pertahanan Mitra Kukar. Lagi-lagi peluang tim besutan Gomes De Olievera itu, untuk menggandakan keunggulan kandas begitu saja, baik melalui Greg Nwokolo, Bayu Gatra, maupun Engelbird Sani.

Saat memasuki 10 menit terakhir, tim tuan rumah berani menekan Madura United dan menciptakan dua gol untuk membalikkan skor menjadi 2-1. Tambahan tiga poin menempatkan Tim Mitra Kukar di posisi ke-8. Meskipun kalah, Madura United tetap bertahan di posisi ke-5 klasemen. (grd/ant)