DEPOK (Bisnis Jakarta) – Untuk pencegahan terhadap penularan virus HIV/AIDS secara masif di Kota Depok. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengaku tengah intensitas kegiatan deteksi HIV/AIDS dengan layanan mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT),  Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Rani menjelaskan, sebelum pemeriksaan mobile VCT, pihaknya lebih dulu melakukan konseling mengenai HIV/AIDS. Selanjutnya, warga akan diperiksa dengan pengambilan sampel darah.

 “Sebelum pemeriksaan, kami beri penyuluhan terlebih dahulu, kemudian warga yang hadir dapat mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS,” jelas Rani.

Layanan mobile VCT dilakukan di setiap kecamatan di Kota Depok yang hingga kini masih berlangsung. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan, dapat langsung diketahui saat itu juga warga. Pihaknya juga mengklaim dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan ini warga dapat mendeteksi secara dini tubuhnya, sehingga penderita HIV/AIDS dapat tertangani dan tidak semakin meningkat. Sebab, virus HIV/AIDS sangat berbahaya, karena menyerang kekebalan tubuh manusia. “Diharapkan dengan adanya mobile VCT, penderita HIV/AIDS dapat  tertangani sedini mungkin,” katanya. (jif)