Dinkes Klaim Sebagian Anak di Depok Telah Divaksin

DEPOK (Bisnis Jakarta) -Sebanyak 51,1 persen anak di Kota Depok telah mendapatkan imunisasi Measles Rubela(MR). Sedangkan sisanya, untuk anak usia 0 bulan sampai 5 tahun (prasekolah) telah diberikan sejak tanggal 4 September hingga saat ini di Posyandu dan Puskesmas setempat.

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Rani mengatakan, sejak dimulai bulan Agustus hingga awal bulan September tercatat sudah 274.158 anak yang diimunisasi dari total 536.266 anak yang ditargetkan.
“Imunisasi MR sudah mencapai 51,1 persen, sisa 48,9 persennya lagi dicapai di bulan September,” katanya, Kamis (07/09).

Dirinya menjelaskan, Measles atau campak merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan komplikasi dan kematian pada anak. Sementara Rubella dapat mengakibatkan keguguran, kecacatan pada janin dan anak.
“Gejala Measles dapat dilihat seperti badan memerah, muka memerah, dan radang mata. Sedang Rubella gejalanya badan memerah, muka memerah, dan nyeri saat menelan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, untuk mengeliminasi virus MR perlu dukungan semua pihak mulai dari pemangku kepentingan, penentu kebijakan, camat, lurah, kepala sekolah, PKK, organisasi masyarakat, dan organisasi kewanitaan. “Apabila kekebalan komunitas tercapai, maka target global atau dunia untuk eliminasi campak pada 2020 akan terwujud,” ungkapnya. (jif)