JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Tim nasional U-19 Indonesia menggelontorkan Filipina dengan sembilan gol tanpa balas pada pertandingan keduanya di Grup B Piala AFF U-18 2017 di Yangon, Myanmar, Kamis. Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), kesembilan gol Indonesia dibuat Feby Eka Putra (menit ke-5, 67′, 87′), Egy Maulana Vikri (menit ke-21 dan 37′, penalti), Muhammad Iqbal (25′ dan 39′), Muhammad Rafli Mursalim (90′, penalti) dan Resky Fandy Witriawan (90’+2′).

Hasil ini menempatkan Indonesia bertengger di puncak klasemen grup B dengan 6 poin hasil dari dua kemenangan dari dua laga. Vietnam yang akan menjadi lawan berikutnya menguntit di posisi kedua 3 poin.

Dalam laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Yangon, timnas asuhan Indra Sjafri tampil menekan sejak menit pertama. Indra sendiri menurunkan sejak awal pemain-pemain yang pada laga perdana kontra Myanmar menjadi cadangan yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Samuel Christianson Simanjuntak dan Syahrian Abimanyu.

Hasilnya, Feby Eka Putra bisa mencetak gol cepat untuk timnas U-19 melalui tendangan jarak jauh pada menit kedelapan. Gol itu semakin membakar semangat timnas U-19 dan terus menggempur Filipina. Pada menit ke-21, gol kedua pun datang melalui Egy Maulana yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Filipina.

Empat menit setelah itu, Muhammad Iqbal sukses menambah skor setelah sukses mengubah umpan silang Feby Eka Putra dari sisi kiri serangan menjadi gol ketiga Indonesia. Timnas U-19 sempat mendapatkan peluang menjauhkan jarak karena mendapatkan tendangan penalti di menit ke-30. Namun, sepakan Asnawi Mangkualam berhasil diantisipasi dengan baik oleh kiper Filipina.

Kesempatan kedua lewat tendangan penalti didapatkan tim Garuda Nusantara pada menit ke-37. Kali ini, Egy Maulana menjadi algojo dan berhasil melesakkan gol keduanya di laga sekaligus gol keempat sepanjang kompetisi.

Indonesia menutup babak pertama dengan skor 5-0 setelah Muhammad Iqbal melesakkan bola dengan mulus ke gawang Filipina via tendangan bebas pada menit ke-39. Alih-alih menurunkan serangan setelah unggul lima gol, Indonesia justru terus menjaga konsistensi tekanan. Dampaknya, gol kembali tercipta di menit ke-67 melalui tendangan menyilang Febry Eka dari dalam kotak penalti. Febry kemudian membuat “hattrick” setelah menorehkan gol lagi di menit ke-87.

Unggul 7-0, Garuda Nusantara menambah dua gol lagi akhir laga melalui tendangan penalti Muhammad Rafly pada menit ke-90 dan pemain yang baru masuk di babak kedua menggantikan Asnawi Mangkualam, Resky Fandy Witriawan di menit ke-90+2.

Kemenangan 9-0 ini membuat Indonesia untuk sementara memimpin Grup B Piala AFF U-18 2017 dengan enam poin dari dua laga. Sebelumnya, timnas U-19 mampu menaklukkan tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1.

Berikutnya, tim nasional U-19 Indonesia akan bertanding melawan Vietnam yang di laga perdananya, Kamis (7/9), menaklukkan Brunei Darussalam dengan skor 8-1. (grd)