2018, Tangsel Bakal Punya LRT

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Kabar gembira bagi warga kota Tangerang Selatan (Tangsel). Rencananya tahun 2018 mendatang Pemerintah Kota setempat berencana membuat Layanan light rail transit (LRT). Adapun trase LRT yakni dari Rawa Buntu di Serpong, Tangsel hingga Batu Ceper, Kota Tangerang dan nantinya akan terkoneksi dengan layanan kereta Bandara Soekarno-Hatta. “Dalam rencana detail kita, penumpang LRT dari Tangsel nanti dapat melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta naik kereta, jadi tidak perlu bawa kendaraan pribadi lagi,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Aplahunnajat.

Lebih lanjut Aplah mengatakan, penumpang LRT yang turun di Batu Ceper nantinya dapat melanjutkan perjalanannya melalui kereta bandara. “Hingga kini proyek tersebut masih dalam tahap penentuan trase, kami sedang menggandeng pihak swasta untuk mengerjakan proyek ini. Kenapa dengan swasta, karena anggaran Pemda belum ada untuk membangun LRT,” imbuhnya.

PT Kereta Api Indonesia menargetkan, layanan kereta bandara sudah mulai dioperasikan awal tahun 2018 mendatang. Sedangkan pengerjaan pembangunan LRT Rawa Buntu-Baru Ceper diperkirakan baru bisa dimulai pada tahun 2019. “Anggaran dari pemerintah daerah untuk pembangunan LRT. vendor-vendor yang merupakan bagian dari perjanjian kerja sama,” pungkasnya. (nov)