TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan memprioritaskan penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cipeucang di Serpong. DLH bahkan sudah menganggarkan 6 miliar rupiah untuk APBD perubahan 2017. “Dalam APBD perubahan 2017, penanganan TPA Cipeucang benar-benar menjadi skala prioritas bagi DLH untuk tahun anggaran 2017 ini,” ungkap Plt Kepala DLH Kota Tangsel, Mukoddas Syuhada.

Lebih lanjut Mukoddas mengatakan, sejumlah rencana penanganan yang akan dilakukan, antara lain penghijauan di area TPA Cipeucang guna meredukasi polusi udara, membuat turap yang menjadi pembatas TPA dengan Sungai Cisadane dan pemanfaatan gas metan dari sampah TPA.

Selain di penanganan di TPA Cipeucang, DLH juga akan mengoptimalkan kembali TPS3R yang sudah tersebar di tiap kelurahan. Karena diakui Mukoddas, saat ini hanya ada 20 persen TPS3R yang berjalan, sisanya vakum. “Untuk pengajuan anggaran Rp6 miliar sudah disepakati dengan Komisi IV DPRD Kota Tangsel, karena penanganan TPA Cipeucang memang menjadi skala prioritas yang harus segera diselesaikan,” pungkasnya. (nov)