BEREBUT BOLA - Pemain Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kiri) berebut bola dengan pemain Semen Padang FC Agung Prasetyo pada laga lanjutan GO-JEK Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor akhir 2-2. (Foto :Fahrul Jayadiputra/Antara).

BANDUNG (Bisnis Jakarta) – Gol Ezechiel N’Douassel menjelang akhir pertandingan berhasil menyelamatkan Persib Bandung dari kekalahan atas Semen Padang yang berakhir 2-2 pada laga di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu. Gol Persib dicetak Raphael Maitimo pada menit ke-45 dan Ezechiel pada menit 88, sementara dua gol Semen Padang dicetak Vendry Mofu di menit ke-44 dan menit 56.

Pada babak pertama Maung Bandung berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa serangan yang disusun melalui Febri dan Essien sempat mengancam gawang yang dijaga Jandia Eka Putra. Megabintang Persib, Essien memiliki kesempatan mencetak gol, namun sundulannya masih terlalu menyamping.

Di kubu Semen Padang, mereka bermain hati-hati dan lebih menunggu hingga para pemain Persib membuat kesalahan. Tim Kabau Sirah mengandalkan serangan balik dengan memaksimalkan kecepatan Riko Simanjuntak.

Pemain mungil ini, menjadi kreator gol pembuka Semen Padang melalui serangan balik. Riko yang bergerak di sayap kanan mengirimkan umpan lambung yang mengarah ke Vendry Mofu. Meski dijaga Vladimir Vujovic dan Henhen, ia mampu menceploskan bola melalui tendangan voli. Semen Padang unggul 1-0 atas tuan rumah.

Usai gol Vendry, Persib meningkatkan intensitas serangan dan langsung membalas gol. Shohei Matsunaga yang menerima bola dari Essien, mengirimkan umpan lambung yang mengarah ke Maitimo yang tinggal menceploskan bola lewat sundulan. Gol dari pemain naturalisasi itu menjadi penutup babak pertama.

Peluit babak kedua dimulai, kedua tim langsung menampilkan permainan terbuka. Pada sepuluh menit awal, terjadi jual beli serangan. Vendry Mofu dan Riko Simanjuntak menjadi mimpi buruk bagi lini pertahanan Persib. Melalui skema serangan balik, Riko kembali memberikan assist kepada Mofu yang tinggal mencocor bola. Kabau Sirah kembali memimpin 1-2.

Usai gol tersebut, anak-anak Bandung langsung mengurung pertahanan Semen Padang untuk mengejar ketertinggalannya. Hampir seluruh pemain lawan pun berada di wilayah pertahanannya dan hanya menyisakan Muklis Hadi di depan.

Menekan habis-habisan, Persib akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-88 melalui sundulan Ezechiel memaksimalkan umpan dari Vladimir Vujovic. Hingga wasit membunyikan peluit panjang, kedua tim harus rela berbagi satu angka. Dengan hasil ini, Persib mampu mempertahankan tren tidak pernah kalah di kandang, sementara bagi Semen Padang, memutus hasil negatif saat lawatannya ke Jayapura. (grd/ant)