DEPOK (Binis Jakarta) – Berharap sektor tanaman hias, batu alam dan ikan hias di Kota Depok dapat berkembang pesat. Perkumpulan UMKM tersebut membetuk suatu wadah yang bernama Koperasi Komunitas Kampung Kita Depok (K3D). Ketua Koperasi K3D, Despandri menuturkan Koperasi Kampung Kita bergerak di bidang simpan pinjam dan jasa.

Target utamanya adalah membantu anggota koperasi yang terdiri dari 150 pedagang tanaman hias dan batu alam yang berjualan di sepanjang Jalan Juanda Depok. “Sebagai ketua koperasi dan sekertaris komunitas Kampung Kita Depok. Tahap pertama ini kami bantu fasilitas jaringan listrik untuk mereka dibantu oleh PLN Area Depok,” ujarnya.

Iya menjelaskan nantinya koperasinya akan diarahkan dalam bisnis jasa. Nantinya koperasi mengembangkan bisnis tanaman dan penghijauan di hotel-hotel maupun perkantoran di Depok dan Jakarta.

“Tahap awal difokuskan untuk anggota komunitas terlebih dahulu. Banyak hotel dan kantor yang membutuhkan tanaman indah agar terlihat lebih asri. Jasa penyewaan pohon hijau untuk perkantoran dan hotel menjadi sasaran utama,” jelasnya.

Ia menambahkan koperasi komunitas Kampung Kita berfokus pada UMKM tanaman hias karena selama ini belum mendapat tempat yang baik di Depok. Selama ini mereka membangun dan menata taman perkantoran dan hotel di Jakarta. Pihaknya berupaya mencari potensi tersebut.

“Tingkat pembangunan perkantoran dan hotel itu makin pesat di Depok. Pemkot Depok sangat konsen soal ruang terbuka hijau. Pembukaan koperasi komunitas ini sangat perlu dibentuk untuk dapat meningkatkan pengembangan UMKM tersebut” ungkapnya. (jif)