Innovation Entrepreneurship Expo 2017 Ajang Pameran Inovasi Kampus IPB

PAMERAN INOVASI - Innovation Entrepreneurship Expo (IIEE), Dies Natalis ke-54 tahun 2017, di Mall Botani Square, Bogor. (08/09/17). IIEE ini merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan, berbagai produk inovasi dan penelitian dari kampus IPB.
BOGOR (Bisnis Jakarta) – Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi menggelar kegiatan Innovation Entrepreneurship Expo (IIEE), Dies Natalis ke-54 tahun 2017, di Mall Botani Square, Bogor. (08/09/17).  IIEE ini merupakan ajang tahunan yang digelar pihak IPB untuk memperkenalkan, sekaligus mempromosikan berbagai produk hasil inovasi dan penelitian IPB.
Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Prof. Dr. Anas M. Fauzi, mengatakan pada expo ini ada puluhan wirausahawan muda alumni IPB yang sukses di dunia pertanian. Saat ini, terangnya, 70 persen alumni IPB bekerja di sektor-sektor yang berkaitan dengan dunia pertanian. Selain itu, IPB juga mengembangkan program start up sebagai upaya IPB untuk mempercepat hilirisasi yang dapat dirasakan manfaatnya guna mendukung pembangunan pertanian dalam arti luas.
“Indikasi keberhasilan tahap awal dari proses hilirisasi, yakni melalui “IPB Model” itu sudah dapat dirasakan manfaatnya bagi peneliti dan pemangku kepentingan lainnya walau masih pada skala kecil.  Oleh karena itu, IPB akan terus melakukan sosialisasi melalui berbagai kegiatan seperti acara temu bisnis pada IPB Investment Summit, IPB Innovation Expo, Forum Industri Pangan, dan lain-lain,” kata Prof. Anas.
Rektor IPB, Prof. Herry Suhardiyanto telah berpesan, kepada peserta pameran ini harus ada upaya tindak lanjut (melalui kuisioner) untuk bisa identifikasi pengunjung potensial yang bisa digali pendapatnya. Ini untuk memperoleh potensi kerja sama, baik dalam bentuk riset pengembangan maupun investasi kedepannya. “Tujuannya agar tidak hanya sekadar pameran, tapi ada follow up. Pesan kedua, adalah peserta expo harus bisa mempromosikan IPB baik untuk bidang ilmu maupun hasil riset inovasi yang ditampilkan. Ini penting agar lebih banyak lagi peminat atau siswa yang masuk IPB,” harapnya.
Prof. Anas menjelaskan, bahwa inti tujuan dari IIEE ini adalah untuk mendayagunakan kekayaan intelektual, khususnya paten yang dimiliki IPB (patent expo), mengapresiasi para inventor yang telah mengkomersialkan patennya (tribute to inventor), mengkomunikasikan inovasi IPB yang  memasuki tahap rintisan usaha kepada mitra yang berminat (start-up forum) dan mendiskusikan isu terkini terkait peluang wirausaha dan model bisnis baru di era disrupsi berbasis teknologi dan inovasi sosial (talk show).
Innovation Entrepreneurship Expo tahun 2017, dalam rangka Dies Natalis IPB ke-54, yang digelar di Mall Botani Square Bogor tersebut akan berlangsung selama 3 hari, yakni dari hari Jum’at – Minggu, (08-11/09). Ajang tersebut diikyti sebanyak 47 stand para entrepreneur muda yang berasal dari mahasiswa, alumni, peneliti IPB, maupun masyarakat umum yang memanfaatkan teknologi yang dihasilkan IPB. (bas)