Tingkatkan Nilai Jual, Puluhan IKM Ikuti GMP

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Sedikitnya 45 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Depok mendapat pelatihan Good Manufacturing Product (GMP) agar mampu menghasilkan produk berkualitas sehingga memiliki nilai jual tinggi di pasaran.
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, pelatihan berupa pengetahuan dan penjelasan untuk dapat dengan mudah menghasilkan produk melalui proses yang benar. Tentunya memodifikasi bahan mentah menjadi berbagai produk yang berguna.
“Pelatihan yang diberikan ini mengenai GMP, yaitu proses memproduksi dari awal hingga akhir dengan ketentuan yang sudah ada. Pelatihan ini sudah memasuki angkatan ke-3,” kata Martinho di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok.
Iya menjelaskan, melalui pelatihan para pelaku IKM diajarkan untuk membuat kue dan keripik berbahan baku pisang, dengan mengikuti sampel yang telah disiapkan. “Pelatihan yang kita berikan memang lebih kepada produk-produk yang memiliki nilai jual tinggi,  sehingga setelah pelatihan ini mereka mampu mengembangkan usahanya agar jauh lebih maju dari sebelumnya, ” tuturnya.
Dengan pelatihan ini, pihaknya berharap para IKM yang sudah menghasilkan produk dapat mengetahui lebih dalam mengenai GMP. Tentunya dengan proses pembuatan yang alami, bersih dan higienis. “Dengan pelatihan ini ke depan IKM di Kota Depok bisa lebih maju, dengan menerapkan proses dan alur produksi yang baik,” ujarnya. (jif)