TNI – Polri Siap Bantu Evakuasi Warga Karangasem

KARANGASEM (Bisnis Jakarta) – TNI dan Polri siap membantu evakuasi warga di Kabupaten Karangasem, Bali, jika terjadi bencana letusan Gunung Agung. “Kami sudah berkoordinasi dengan anggota untuk membantu warga jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” kata Dandim 1623 Karangasem, Letkol INF Fierman Sjafrial Agustus di Karangasem, Minggu.

Pihaknya bersama dengan petugas terkait akan selalu berkoordinasi untuk mencarikan lokasi evakuasi warga yang aman dan mudah dijangkau. “Jangan sampai kalian (warga-red) menggungsi di tempat aman tetapi sulit dijangkau, hal itu akan mempersulit petugas dalam membawakan pasokan bantuan,” ujarnya.

Sementara itu, AKBP I Wayan Gede Ardana telah telah melakukan sosoalisasi kepada warga di Pasar Agung agar tidak panik dan tetap mengikuti instruksi petugas. “Kami sudah melakukan sosialisasi tahapan tingkatan status gunung berapi agar masyarakat tahu dan tidak panik ketika terjadi bencana,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar warga dimanapun nantinya mengungsi agar tetap melapor sehingga tetap terdata dan mendapat bantuan dari petugas. Dia juga menegaskan kepada warga agar tidak menyebarkan informasi bohong dari sumber yang tidak jelas, namun yang pasti dan benar dari Badan Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral karena sudah menggunkan peralan yang canggih dan sesuai standar. “Jika terjadi bencana jangan panik, utamakan keselatan diri dan barang-barang berharga,” ujarnya. (grd/ant)