MRT Bakal Dibangun di Serpong

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Sebagai salah satu wilayah dengan tingkat hunian yang cukup tinggi, Serpong dilirik PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta untuk pembangunan jalur kereta api MRT Jakarta-Serpong. Rencananya, pembangunan MRT ini dilakukan pada Fase IV. “Iya kami sudah sampaikan pada bu Airin bahwa kami sedang serius menjajaki kota Tangsel untuk MRT, ” ungkap Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah.

Beberapa hal yang sudah disampaikan kepada Walikota Airin adalah soal dana, data, engineering study, dan pembahasan skema lainnya. Menurut Tubagus, respons Airin positif. Jika disetujui, PT MRT Jakarta akan melakukan studi kelayakan.

Saat ini, PT MRT Jakarta sudah membangun proyek MRT fase I dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Proyek MRT fase II akan menghubungkan Bundaran HI-Kampung Bandan.

Fase II akan menyambungkan Barat dan Timur Jakarta. Untuk rute ke Serpong rencananya akan dibangun pada fase IV. Tubagus belum bisa memperkirakan waktu dimulainya proyek MRT fase IV. “Baru penawaran kajian penjajakan. Kalau oke, pendanaan harus dibicarakan. Anggaran juga belum tahu, karena harus bicara dulu dengan Kota Tangsel,” pungkasnya. (nov)