DEPOK (Bisnis Jakarta) – Untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha perbengkelan di Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok menggandeng Institut Mekanik Motor Indonesia (IMMI), guna melatih 30 pelaku usaha jenis kendaraan roda dua di Gedung Wisma Hijau, Cimanggis, Senin (25/09).

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, kegiatan berlangsung selama lima hari pada 25 – 30 September 2017. Para peserta terpilih merupakan usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) online tahun 2016. ” Mereka berasal dari Kelurahan Pondok Terong 17 orang, Kelurahan Jatimulya 8 orang, Pondok Petir 3 orang, dan Kelurahan Beji 2 orang,” katanya.

Sementara itu, Valentino, instruktur pelatihan mengatakan, tahapan dalam pelatihan tersebut meliputi teori dan praktik terkait perbaikan atau service kendaraan roda dua, baik injeksi maupun matik. Pelatihan tersebut, kata Valentino, juga disertai dengan evaluasi untuk melihat perkembangan kemampuan para peserta selama pelatihan.

Baca Juga :   Pemkot Tangsel Dinilai Langgar RTRW Nasional

 “Materi yang akan dipelajari meliputi materi dasar sistem kerja motor 4 tak dan 2 tak, baik matik maupun injeksi seperti kelistrikan, karburator, suspensi, cara membersihkan, injektor, dan perakitan. Nantinya, kita juga ada evaluasi tertulis untuk mengetahui sejauh mana materi yang diserap oleh para peserta,” ujarnya.

Ke depannya melalui pelatihan tersebut, para pelaku usaha mampu meningkatkan keterampilan, serta kemampuan perkembangan teknologi. Khususnya di bidang kendaraan bermotor, sehingga nantinya bisa diimplementasikan meningkatkan kemajuan usaha.

 “Dengan pelatihan ini mereka bisa mengetahui lebih detail mengenai seluk beluk motor, sistem kerja motor,  serta bagaimana cara memperbaiki, sehingga nantinya bisa diterapkan. Jadi, bukan hanya sekadar bongkar pasang,” harapan nya. (jif)