JAKARTA (Bisnis Jakarta)-Untuk mewujudkan brand Wonderful Indonesia (WI) di pasar global dan brand Pesona  Indonesia (PI) di pasar domestik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen  bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan semangat Indonesia Incorporated itulah Kemenpar mengajak brand-brand untuk  melakukan kolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand WI/PI.

Target penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) tahun 2017 sebanyak 100 brand. Pada tanggal 10 Agustus 2017 telah dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman (NK) sebanyak 28 brand pada acara Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) di Balairung Soesilo Soedarman. Selanjutnya, pada Rakornaspar III akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) sebanyak 12 brand yaitu PT JAS (Jasa Angkasa Semesta), Alfamart, Alfaland, Aqua Danone, Aerofood ACS, BRI, Nutrifood, Propan, Sea Safari Cruises, Whitesky, Kopi Kapal Api, dan PT KAI.

Penandatangan Nota Kesepahaman (NK) ini menjadi langkah awal dalam mengoptimalkan kerjasama antara Pemerintah dengan perusahaan/brand yang win win way. Melalui co-branding partnership, diharapkan kolaborasi dan sinergi brand WI/PI  dengan brand/perusahaan di seluruh Tanah Air akan semakin intensif lagi. Dengan demikian partisipasi brand/perusahaan dalam mempromosikan sektor pariwisata juga akan semakin besar.

Dengan tingginya animo dari para partisipan yang menyatakan minatnya untuk ikut dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia ini, telah dibentuk satu Tim Khusus yang memastikan program ini berjalan efektif. Tim tersebut merupakan kolaborasi personil di jajaran Kemenpar dengan sejumlah pakar ternama di Indonesia.

Tim ini diketuai  bersama oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty dan juga oleh Priyantono Rudito sebagai Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Manajemen Strategis. Dalam menjalankan tugasnya, tim ini diperkuat oleh sejumlah nama yang telah diakui pengalaman dan expertise-nya seperti: Yuswohady, Kemal Gani, Vita Datau Mesakh, Don Kardono, B. Rizanto Binol, Jay Wijayanto.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memastikan efektivitas program Co-Branding, telah disusun strategi Co-Creation yang akan dijalankan bersama untuk semakin meningkatkan daya tarik bagi wisman dan wisnus yang berkunjung ke tujuan-tujuan wisata di Indonesia. Strategi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan juga dari program pengembangan Nation Branding. (son)