PENDETEKSI ERUPSI - Alat pendeteksi erupsi Gunung Agung yang dipasang BNPB di Pura Bale Agung, Desa Selat, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA (Bisnis Jakarta) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memasang alat pendeteksi erupsi Gunung Agung di Pura Bale Agung Desa Selat, Karangasem, Rabu (26/9). Alat berwarna orange menyerupai pemancar yang tingginya sekitar 4 meter itu sudah berdiri kuat di dalam pura yang berfungsi sebagai alat peringatan ketika Gunung Agung akan erupsi.

Salah seorang warga Darmayasa mengungkapkan, alat itu sudah dipasang petugas kemarin. Berdasarkan informasi yang diperoleh, selain di Selat, alat yang sama juga dipasang di empat kecamatan lainnya. Hanya saja pihaknya tak tahu dimana saja alat itu dipasang selain Selat.

“Katanya alat ini dapat mendeteksi kalau Gunung Agung akan erupsi. Kalau gunung  erupsi katanya dua jam sebelum meletus alat ini akan berbunyi. Jadi alat ini sebagai peringatan erupsi. Kalau nanti alat ini berbunyi warga yang terdampak harus siap-siap meninggalkan desa ini,” ucapnya. (kmb)