Antisipasi Rabies, Depok Gelar Vaksin Gratis Hewan

DEPOK (Bisnis Jakarta) -Meski diklaim belum ditemukannya kasus rabies pada hewan liar maupun peliharaan di Kota Depok. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengaku tetap menyelenggarakan vaksinasi gratis bagi Hewan Penular Rabies (HPR), Kamis (28/09).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan kegiatan tersebut dilakukan selain untuk mencegah penyakit rabies, juga sekaligus memperingati Hari Rabies. Nernagai jenis hewan seperti anjing, kucing, kera, musang dan lain-lain, di suntik gratis di Puskeswan Kota Depok.” Ungkapnya di belakang Gedung Perpustakaan Kota Depok.

Dirinya menyarankan, bagi penyayang binatang, bisa membawa hewan kesayangannya untuk divaksinasi. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya virus rabies pada hewan, yang berpotensi menularkan ke hewan lain atau manusia. “Dengan adanya vaksinasi ini, diharapakan Kota Depok terbebas dari bahaya virus yang disebabkan gigitan hewan peliharaan maupun hewan liar,” ucapnya.

Untuk mencegah penularan penyakit rabies kepada hewan atau manusia, dirinya menjelaskan, terdapat berbagai upaya yang dilakukan. Di antaranya, dengan cara vaksinasi dan melakukan kontrol populasi terhadap HPR dengan tujuan untuk menekan potensi penularan rabies.

 “Seluruh warg juga dapat berperan dalam pembebasan rabies. Caranya dengan melakukan vaksinasi secara rutin, mencari tahu informasi tentang rabies sehingga dapat mengambil sikap untuk tindakan pecegahan dan penanganan,” jelasnya. (jif)