BRUSSEL (Bisnis Jakarta) – Juara Skotlandia Celtic menikmati kemenangan tandang yang jarang terjadi saat mereka menang 3-0 atas Anderlecht pada pertandingan Liga Champions di Brussel pada Rabu, kemenangan yang mengantarkan mereka ke peringkat ketiga di Grup B.

Menjelang pertandingan, Celtic, yang merupakan juara Skotlandia untuk enam musim terakhir, hanya menang satu kali dari 30 pertandingan tandang di Liga Champions. Setelah dikalahkan 0-5 oleh Paris St Germain (PSG) pada pertandingan pembukaan mereka, Celtic menghuni peringkat ketiga di bawah Bayern Munich dengan kalah selisih gol setelah tim Jerman itu kalah 0-3 dari PSG.

Setelah 37 menit di mana tidak ada satupun dari kedua tim yang mencatatkan tembakan ke gawang, Celtic kemudian mengeksekusi serangan balik dari area pertahanan mereka sendiri untuk membuka keunggulan, dengan Leigh Griffiths mengonversi dengan tenang.

Pada menit kelima babak kedua, Celtic kembali mencetak gol ketika umpan silang Patrick Roberts dibelokkan bek Anderlecht Kara Mbodji masuk ke gawangnya sendiri, sebelum Scott Sinclair mengubah skor menjadi 3-0 dengan tembakannya pada detik-detik terakhir pertandingan.

Anderlecht, yang memecat pelatih manajer Rene Weiler pada bulan ini setelah laju mengecewakan di Liga Belgia, berada di posisi juru kunci, setelah juga kalah pada pertandingan pembukaan mereka melawan Bayern. (grd/ant)