BASEL (Bisnis Jakarta) – Dimitri Oberlin mencetak dua gol saat Basel menghancurkan Benfica dengan skor 5-0 pada Rabu, ketika sang juara Swiss menghidupkan kembali harapan-harapan mereka di Liga Champions untuk naik ke peringkat kedua di Grup A.

Kedua tim kalah pada pertandingan pembukaan mereka namun Basel hanya memerlukan dua menit untuk melupakan kekalahan 0-3 mereka dari Manchester United, ketika Michael Lang mencetak gol dari dalam kotak penalti setelah menggebrak di sisi kiri.

Basel secara efektif menuntaskan permainan lawannya dengan gol kedua yang mengejutkan pada menit ke-21, ketika Renato Steffen melakukan serangan balik dari area pertahanannya sendiri dan menemukan Oberlin yang melesakkan bola melalui sela-sela kaki kiper Julio Cesar.

Malam yang buruk bagi 5.000 penggemar Benfica yang melakukan perjalanan tandang berubah menjadi sangat buruk ketika pemain Belanda Ricky van Wolfswinkel membukukan gol ketiga Basel dari eksekusi penalti, setelah Lubomir Fejsa menjatuhkan Oberlin.

Pengusiran Andre Almeida pada menit ke-68 karena pelanggaran berbahayanya terhadap Luca Zuffi membuat tugas tuan rumah menjadi lebih mudah, dengan Oberlin menambahi gol keduanya dan Blas Riveros mencetak gol kelima ketika Benfica menderita kekalahan perdana mereka dari tim Swiss di ajang kompetitif. (grd/ant)