Depok Gandeng JCI Lahirkan Pengusaha Muda Lokal

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Organisasi Junior Chamber Internasional (JCI) siap bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pemberdayaan pemuda di Kota Depok. JCI Chapter Depok merupakan wadah para pemuda pengusaha bakal berkontribusi terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya dengan membantu lahirnya usahawan muda yang diharapkan ikut membantu memajukan ekonomi di Kota Depok.

Local President JCI Chapter Depok terpilih untuk tahun 2018, Kamaludin Enuh, mengatakan dengan anggotanya yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha muda dari berbagai bidang, ingin turut serta berpartisipasi dan kolaborasi dengan Pemkot Depok dalam membuka jaringan bagi para entrepreneur pemula agar lahir pengusaha-pengusaha muda baru di Kota Depok.

 “Kita akan bekerja sama dan bakal sering bertukar pikiran dengan dinas yang terkait di Pemkot Depok, seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok untuk memunculkan pengusaha baru yang masih muda seperti untuk kalangan mahasiswa. Untuk itu, kami akan sering adakan pelatihan atau pun pendampingan bagi mereka yang tertarik dan ingin bergabung,” ujar Kamal, usai pelaksanaan Local Convention di aula lantai 1 Gedung Setda Kota Depok.

Kamal yang juga memiliki usaha Tahu Jeletot Taisi ini mengaku, dengan kepengurusan yang baru saja terpilih dirinya optimis dapat mengembangkan 4 pilar yang dimiliki oleh JCI, yakni bisnis, individual development, social community, dan international networking. Bahkan, pihaknya turut berkomitmen dalam membangun kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok dalam pencegahan dan pemberantasan Narkoba.

“Pemberantasan narkoba ini, masuk dalam pilar social community. Hal ini menunjukkan JCI Chapter Depok tidak hanya ingin berkontribusi pada pembangunan bisnis anak muda di kota Depok saja, tetapi bidang lain pun akan kami jalin kerja sama,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, menyambut baik terbentuknya kepengurusan baru JCI Chapter Depok. Menurutnya, apa yang menjadi landasan organisasi di JCI sejalan dengan visi Kota Depok, khususnya dalam upaya menciptakan SDM yang unggul.“Kepentingan yang sama antara JCI dengan Pemkot Depok yakni membuat SDM Depok yang unggul dan memiliki jiwa kompetitif bagi dunia usaha,” katanya.

Dirinya melihat, jejaring yang dimiliki JCI yang sudah sampai tingkat nasional maupun internasional sudah sangat mapan. Namun begitu, hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas atau kemampuan yang luar biasa bagi anggotanya.

Dia juga menginginkan jaringan yang sudah dimiliki JCI Chapter Depok hendaknya bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk lokal Depok hingga kancah nasional maupun mancanegara. (jif)