TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Ada yang menarik dari Satuan Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan (Satpas), Cilenggang, Serpong, kota Tangerang Selatan (Tangsel). Warga yang tengah mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dapat mengusir kejenuhan dengan membaca buku yang sudah disiapkan. Pojok baca berbasis elektronik ini setiap harinya menyediakan ratusan buku dan perpustakaan berbasis elektronik sehingga memudahkan masyarakat dalam mencari buku pilihan secara gratis dan nyaman. “Sudah tersedia pojok baca di Satpas Cilenggang, jadi para keluarga yang membawa anak-anaknya atau para remaja yang sedang menunggu antrian kepengurusan SIM bisa sambil menunggu di Pojok Baca, membuka dan membaca buku untuk menambah pengetahuan,” ungkap Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin.

Ide menyediakan Pojok Baca di Satpas ini, beranjak dari keprihatinan Polres Tangsel akan rendahnya angka literasi atau minat baca di masyarakat. Maka itu, pihaknya berupaya membantu pemerintah untuk membangkitkan kembali minat baca. “Semoga tidak hanya bermanfaat bagi para pengunjung yang datang membuat SIM, melainkan juga dapat diakses secara luas oleh masyarakat,” imbuhnya.

Pojok baca ini dibuka setiap hari kerja. Di dalamnya, terdapat ratusan koleksi buku dan perpustakaan elektronik. Ini tentu memudahkan masyarakat dalam mencari buku pilihan. “Silahkan, gratis bagi masyarakat. Ini sebagai upaya pengayoman kepada masyarakat dan guna merintis hubungan vertical antara kepolisian dengan masyarakat,” pungkasnya. (nov)