Luhut Ingin Pusat Logistik Bandara Kertajati Adopsi Alibaba

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan pusat logistik yang akan dibangun di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, bisa mengadopsi konsep salah satu “e-commerce” dunia Alibaba.

Luhut dalam acara Social Good Summit (SGS) 2017 yang digelar UNDP di Jakarta, Rabu (4/10) mengatakan pada suatu kesempatan bertandang ke Institut Teknologi Bandung (ITB), ia menantang rektor universitas itu untuk bisa menjaring anak muda Indonesia untuk berkontribusi langsung dalam pengembangan Kertajati. “Saya bicara di ITB, saya bilang ITB jangan bawa Alibaba, idenya iya, ITB bikin saja Ali ITB atau Baba ITB, masak tidak bisa? Saya tantang Pak Rektor, coba kumpulkan anak muda, bikin riset, ‘pilot project’ Kertajati,” katanya.

Mantan Menko Polhukam itu menjelaskan pemerintah punya keinginan untuk menjadikan Bandara Kertajati sebagai salah satu pusat logistik Jawa Barat. Posisi bandara yang berdekatan dengan pusat industri Jawa Barat, jalur tol pantai utara Jawa dan pelabuhan Patimban dinilai sangat strategis untuk mendukung alur logistik barang.

Konsep bisnis Alibaba adalah layanan e-commerce yang berfokus pada “business to business” e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Dengan memiliki gudang sendiri, induk grup perusahaan “e-commerce” asal China itu dapat mengefisiensikan sistem pengiriman barang.

Konsep gudang besar yang dapat menampung barang-barang untuk didistribusikan itulah yang ingin diadopsi agar pengiriman barang di era digital punya jaminan ketepatan waktu karena dukungan infrastruktur.

Sebelumnya, Luhut menyebut Bandara Kertajati akan menjadi pusat kegiatan termasuk logistik di kawasan Jawa Barat. Hal itu disampaikannya saat rapat di Badan Anggaran DPR, Rabu (13/9). “Kertajati kami ingin buat jadi lapangan ‘logistic based’. Kenapa? Kertajati itu dekat posisinya dengan Patimban, juga jalan tol sehingga jadi proyek yang sangat bagus,” katanya.

Selain jadi pusat logistik, Luhut juga meminta Bandara Kertajati sudah bisa beroperasi sebagai embarkasi haji dan umroh pada 2018 mendatang. “Target kita haji tahun depan sudah dari situ (Kertajati),” katanya. (son/ant)