JAKARTA (Bisnis Jakarta) – OAG adalah perusahaan Air Travel Intelligence yang berbasis di Inggris baru saja merilis data Top 50 Megahubs International Index Tahun 2017 dengan menggunakan basis data international seat capacity Juli 2016 hingga Juli 2017.

Hasilnya Bandara Soekarno-Harta masuk peringkat ke-7 Dunia hanya selisih 1 poin dari Singapura, dimana peringkat pertama diduduki oleh Heathrow, kemudian disusul Frankfurt, Amsterdam, Chicago US, dan Toronto Canada.

Namun untuk kategori Regional Asia Pasifik, Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat ke-2. Hasil ini serupa dengan hasil Top 50 Megahubs Index Tahun 2016 berbasis data departing schedule seat capacity, dimana Bandara Soekarno-Hatta juga menduduki peringkat 7 dunia dan hanya kalah oleh bandara-bandara di Amerika.

Senada dengan Top 50 International Megahubs, Bandara Soekarno-Hatta kembali masuk ke dalam World’s Busiest International Air Routes yang dirilis oleh routesonline.com, yaitu Rute Jakarta-Singapura menduduki peringkat 2 dunia dengan jumlah penumpang dalam 1 bulan mencapai 322,488 penumpang.

Capaian-capaian tersebut menandakan bahwa Bandara Soekarno-Hatta berhasil menjaga stabilitas operasionalnya yang mampu menampung pergerakan pax diperkirakan hingga lebih dari 60 juta penumpang di tahun 2017 ini. (son)