Bantu UKM Pemula, Depok Bakal Gelar Pelatihan Manajemen

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) akan membuka program pelatihan bagi Wirausaha Baru (WUB) tahun 2017. Program pelatihan manajemen tersebut, diklaim merupakan prioritas dalam meningkatkan pertumbuhan wirausahawan baru, khususnya di Kota Depok.

“Pelatihan ini ditujukan bagi pelaku usaha baru dengan umur usaha 6 bulan sampai 3 tahun. Kita ingin melatih para pelaku usaha yang baru memulai usaha agar memiliki bekal dan pengetahuan usaha, serta semangat dalam mengembangkan usahanya,” kata Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan saat di Lapangan Balai Kota, Senin (09/10).

Ia menambahkan, program pelatihan ini sebagai bentuk dorongan pemerintah dalam mencetak wirausaha baru yang memiliki daya saing, mengingat pertumbuhan usaha baru di Indonesia masih cukup rendah.

“Kalau dibandingkan dengan negara-negara tetangga, pertumbuhan wirausaha baru di Indonesia masih relatif kecil, misalnya di Malaysia pertumbuhannya sudah 5 persen kita masih 3,6 persen. Makanya, kita upayakan pembentukan wirausaha baru, khususnya di Kota Depok,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan dikhususkan untuk peserta dengan usia 18-55 tahun. Untuk pendaftaran bagi calon wirausaha baru dibuka mulai tanggal 16-19 Oktober 2017 dengan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kelurahan setempat, pas foto berwarna 4×6 sebanyak 2 lembar dan fotokopi KK dan KTP. Kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi pada tanggal 20-26 Oktober. Sementara untuk hasil seleksinya akan diumumkan pada 27 Oktober mendatang.

“Untuk pelaksanaan pelatihannya akan diadakan mulai tanggal 30 Oktober sampai 15 November 2017. Bagi para wirausaha baru yang ingin mendaftar bisa mengambil formulir di setiap kecamatan atau bisa mendaftar langsung ke DKUM melalui bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM),” jelasnya. (jif)