Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Tangsel

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Presiden Joko Widodo, Rabu (11/10) membagikan 10 ribu sertifikat tanah kepada warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan jika penerimaan sertifikat belum sesuai targetnya. “Ibu, bapak sekalian penerima sertifikat, untuk diketahui di seluruh Indonesia harusnya sudah diserahkan sertifikat 126 juta bidang. Tapi tahun lalu akhir baru 46 juta. Separuh saja belum ada,” ungkap Jokowi.

Tahun ini pihaknya memerintahkan kepada Kepala BPN diseluruh tanah air untuk segera menyelesaikan 5 juta sertifikat. “Tahun depan 7 juta, 2019, 9 juta,” imbuhnya.

Jokowi menegaskan, pembagian sertifikat ini harus dipaksa. Tak hanya itu, Jokowi juga selalu menghitung berapa sertifikat yang sudah dibagikan. “Saya paksa dan saya hitung. Kenapa? Karena setiap pergi ke desa dan daerah selalu yang dikeluhkan urusan sertifikat. Bener ndak?” katanya.

Jokowi menjelaskan, bila sertifikat tanah tidak dibagi akan terjadi sengketa. Saat ini sengketa sudah terjadi dimana-mana akibat sertifikat tanah yang belum dibagikan. “Tidak hanya di Tangerang, di Sumatera, Sulawesi semuanya. Karena enggak pegang sertifikat,” tandasnya.

Jokowi kembali mengingatkan kepada masyarakat kota Tangsel untuk memanfaatkan sertifikat dengan sebaik baiknya. “Saya bagikan 10.100 sertifikat tanah kepada masyarakat Tangerang Selatan. Awas, dipergunakan dengan sebaik-baiknya ya,” pesannya.  (nov)