Sigra Dongkrak Penjualan Daihatsu

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan, Daihatsu Sigra menjadi salah satu primadona atau mobil terlaris Daihatsu pada penjualan Q3 atau 9 bulanan (Januari – September) 2017. Daihatsu berhasil bukukan penjualan wholesales dengan raihan sebesar 140.233 unit. Sementara pada raihan sisi retailsales sebesar 134.230 unit, dengan torehan market share sebesar 17,4%.

Pada sisi wholesales, Sigra menjadi primadona dengan raihan 32.171 unit atau 23%, disusul dengan kontributor lainnya, yaitu Gran Max (PU) dengan kontribusi 30.534 unit (22%), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 28.084 unit (20%). Selanjutnya Daihatsu Ayla menyumbang 23.943 unit (17%), disusul Gran Max (MB) 11.042 unit (8%), dan Daihatsu Terios 9.377 unit (7%). Untuk Daihatsu lainnya (others), meliputi Daihatsu Luxio, Daihatsu Sirion, Daihatsu Hi-Max dan Copen cetak angka penjualan dengan total sebesar 5.082 unit (3%).

Sama halnya dengan retailsales, Sigra menjadi favorit pertama di hati masyarakat dengan raihan 34.264 unit atau 26%, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 29.076 unit (22%), dan Xenia sebesar 26.390 unit (20%). Tak mau kalah, Daihatsu Ayla menyusul dengan torehan 20.054 unit (15%), Gran Max Mini Bus (MB) 9.748 unit (7%), serta Terios 8.755 (7%). Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen) ikut menyumbang hasil yang cukup baik dengan total 5.943 unit (3%).

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra bersyukur di tengah pasar otomotif yang cenderung stagnan ini, Daihatsu berhasil meraih market share sebesar 17,4%. Ini menjadi bukti bahwa Daihatsu, khususnya Sigra menjadi favorit di hati masyarakat. “Kami berharap, pencapaian ini dapat terus tumbuh sejalan dengan peningkatan pelayanan purnajual Daihatsu,” ujar Amelia. (son)