Persipura Geser Bali United

JAYAPURA (Bisnis Jakarta) – Hasil laga Persipura Jayapura vs Persija Jakarta di Stadion Mandala Jayapura pada Rabu (18/10/2017) berakhir dengan skor 3-0. Kemenangan ini membuat Persipura menggeser posisi Bali United di peringkat kedua klasemen sementara GoJek Traveloka Liga 1 dengan mengoleksi 56 poin, terpaut tiga poin dengan Bhayangkara FC di posisi puncak.

Pertandingan yang diawali penghormatan kepada almarhum Choirul Huda ini berlangsung ketat. Jual beli serangan berlangsung sejak menit awal babak pertama. Namun serangan kedua tim sampai dengan menit ke-10 masih kandas di barisan pertahanan.

Satu-satunya peluang terbaik di awal babak pertama dihasilkan Persipura melalui Friska Womsiwor yang menerima umpan dari Boaz Sollosa. Namun tendangan Friska melambung di atas gawang Andritany.

Addison Alves nyaris menjebol gawang Andritany di menit ke-20. Tendangan kerasnya masih melenceng tipis di pojok kiri gawang.  Sampai dengan menit ke-30 serangan-serangan Persipura masih gagal menembus pertahanan Persija Jakarta yang sampai dengan pekan ke-29 baru kebobolan 19 gol. Skor 0-0 bertahan sampai dengan babak pertama berakhir.

Pada awal babak kedua tempo permainan tak berubah. Persipura tampil menekan, tapi lini belakang Persija masih kokoh dan sesekali melakukan serangan balik. Upaya ini nyaris berbuah gol ketika sundulan Bruno Lopes mengarah ke gawang Yoo Jae Hoon. Jae Hoon sukses melakukan penyelamatan.

Persipura yang kesulitan membobol Macan Kemayoran sepanjang 60 menit akhirnya berhasil mencetak gol dari kaki Boaz di menit ke-64. Gol bermula dari umpan lambung dari Friska ke depan gawang Persija. Andritany berhasil menepis umpan itu, tapi bola jatuh di kaki Boaz yang langsung melepaskan sontekan. 1-0 untuk Persipura.

Persipura nyaris menambah gol di menit ke-68. Oswaldo Haay yang berhadapan satu lawan satu dengan Andritany gagal melepaskan bola dengan akurat. Bola melambung di atas mistar gawang. Tertinggal 0-1, pelatih Persija Stefano Cugurra Teco memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Rudi Widodo. Teco mencoba menambah daya serang Persija yang sedari awal lebih banyak bermain bertahan.

Teco kembali melakukan perubahan susunan, Ismed Sofyan ditarik digantikan Pandi Lestaluhu untuk tetap menjaga pertahanan Persija.  Pertahanan Persija justru kebobolan, melalui skema umpan pendek Oswaldo Haay dan Ruben Sanadi. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena menganggap Oswaldo dalam posisi offside.

Persipura akhirnya sukses menambah gol di menit ke-85. Lagi-lagi Boaz Sollosa mencetak gol usai menerima umpan dari Oswaldo. 2-0 untuk Persipura Jayapura. Persija berpeluang menipiskan kekalahan di menit ke-87. Bruno Lopes yang lepas dari pengawalan pemain Persipura berhasil melepaskan tendangan, tapi bola masih melenceng.

Usai mendapat serangan berbahaya, Persipura langsung melakukan serangan balasan. Boaz mencetak hattrick di menit ke-88. Sepakan kerasnya gagal dihalau Andritany. Skor 3-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit. (grd)