Torehan Sejarah Islam Sunan Kalijaga Dalam Keindahan Batik

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Kisah perjuangan salah satu wali songo yang berdakwah di tanah jawa, Sunan kalijaga menjadi kesan tersendiri bagi perancang busana muda, Iffah Maria Dewi. Iffah yang concern pada batik ini pun menorehkan elemen kisah sejarah sunan kalijaga dan berbagai cara dakwah beliau ke dalam busana muslim nan elegan. “Setiap koleksi batik yang saya produksi selalu terinspirasi dari sejarah islam di indonesia maupun dunia. Salah satunya adalah sejarah islam tentang sunan kalijaga,” ungkap Iffah usai perhelatan Indonesian Modest Fashion Week di JCC.

Iffah yang menamakan batiknya dengan sogan ini mengatakan, dengan menggunakan batik cap khas jogja warna hitam, merah dan coklat, dirinya ingin mengolah elemen kisah sejarah sunan kalijaga seperti wayang, gamelan, suluk atau tembang, tata kota, tarian, alat pertanian, dan seni budaya tradisional kedalam goresan kain batik yang inspiratif.

Sepuluh desain sunan kalijaga ala sogan batik diantaranya Syekh malaya long coat, lokajaya blouse, waringin blazer, wayang dress, punokawan tunik, dan gamelan outer. “Keunikan batik sunan kalijaga ini dipermanis dengan motif huruf jawa hanacaraka yang diletakkan dibeberapa sisi busana,” imbuhnya.

Iffah yang berdarah asli yogyakarta ini memiliki komitmen yang cukup kuat untuk menyuguhkan karya batik yang sarat dengan sejarah islam. Bahkan dalam setiap proses batiknya selalu diiringi dengan dzikir. Kebiasaan ini yang ia sebut sebagai batik berdzikir.  “Nilai nilai inilah yang selalu menjadi ciri khas dan pakem sogan batik dalam mengembangkan setiap motif dan designya,” pungkasnya. (nov)