Garuda Tambah CSC di Tiga Kota

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui lini usaha kargo udara kembali memperluas jaringan layanan kargo nasional dengan meresmikan tiga pusat layanan kargo (cargo service center) di Sidoarjo, Yogyakarta, dan Bekasi. Penambahan gerai pusat layanan kargo tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung arus lalu lintas kargo udara nasional, khususnya Pulau Jawa sebagai salah satu sentra perekonomian dan industri nasional.

Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengatakan, sejalan dengan momentum pertumbuhan market kargo udara – khususnya Garuda Indonesia, pada tahun ini kami akan memaksimalkan kapasitas kargo yang ada, sehingga diharapkan rata-rata tingkat keterisian kargo pesawat itu bisa meningkat, dari target tahun sebelumnya.

Sigit menambahkan, peluang untuk menggarap pangsa pasar yang lebih besar kian terbuka lebar. Apalagi, tren jual beli online dan bisnis e-commerce di Indonesia saat ini tengah meningkat tajam.

Selama dua hari berturut-turut, Garuda Indonesia telah membuka tiga Cargo Service Center (CSC) di tiga kota di pulau Jawa, yaitu CSC TPI Sidoarjo pada hari Rabu (18/10), CSC Kota Baru Yogyakarta di Jalan Yos Sudarsono No. 17, dan pada hari ini (19/10), telah dibuka CSC Margahayu Bekasi di Jalan Mayor Oking No. 4, Margahayu, Bekasi Timur.

Diresmikannya pusat layanan kargo tersebut terlaksana berkat dukungan dan sinergi sektor swasta dimana Garuda Indonesia menggandeng mitra strategis pihak ketiga dalam pengelolaan CSC di setiap wilayah operasional. Seperti di CSC Sidoarjo dan CSC Kota Baru Yogyakarta, Garuda Indonesia menggandeng PT Dwi Upaya Sukses. Sedangkan CSC Bekasi Margahayu bekerjasama dengan PT Sinar Indah Mentari Abadi.

Pembukaan pusat layanan kargo Garuda Indonesia di kota-kota tersebut juga sejalan dengan tren pertumbuhan dan infrastruktur UMKM, sektor pabrikan dan industri lokal yang kian menunjukan potensi yang menjanjikan.

Adanya potensi pertumbuhan sektor perekonomian di kota-kota tersebut memberi dampak positif terhadap perkembanganekonomi masyarakat, yang tentunya akan berpengaruh pada permintaan kebutuhanlogistik terutama pengiriman barang. Potensi ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan serta memudahkan pelanggan menjangkau CSC. “Melalui hadirnya layanan CSC di kota-kota tersebut, pengiriman kargo akan menjadi lebih mudah dengan adanya akses tol menuju Bandara di kota-kota setempat dengan menggunakan Road Feeder Service CSC agar pengiriman kargo tepat waktu,” tambah Sigit.

Melalui CSC, pengguna jasa dapat mengirimkan barangnya sesuai kebutuhan, baik berdasarkan waktu pengiriman (same day, one day, regular), jenis barang kiriman seperti general cargo dan special cargo ataupun dapat menggunakan jenis layananpengiriman city to port, city to door, dan door to door.

Secara keseluruhan, Garuda Indonesia telah memiliki 84 CSC yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk CSC Margahayu Bekasi. Di antara jumlah tersebut, 52 CSC berlokasi di Bandara, dan 32 CSC di pusat kota. Garuda Indonesia menargetkan akan membuka 25 CSC baru di berbagai kota di Indonesia selama tahun 2017 ini, tiga diantaranya akan berlokasi di Jawa Barat, yaitu CSC Bandung II (Batununggal), CSC Cirebon II (Weru), dan CSC Tasikmalaya dan juga pengembangan CSC di Jawa Tengah di wilayah Magelang, Kulonprogo dan Wates. (son)