LEWATI GARIS - Kiper Benfica Mile Svilar memegang bola yang sudah melewati garis gawang saat menangkap hasil tendangan Rashford pada laga grup A Liga Champions di Lisbon, Kamis WIB.

LISBON (Bisnis Jakarta) – Manchester United meraih kemenangan 1-0 di markas Benfica pada pertandingan Grup A Liga Champions pada Rabu (Kamis WIB), setelah penyerang Marcus Rashford mencetak gol aneh yang mempermalukan kiper tuan rumah berusia 18 tahun Mile Svilar.

Hasil ini membuat United memuncaki klasemen grup dengan sembilan poin dari tiga pertandingan, unggul tiga poin atas tim peringkat kedua asal Swiss Basel, yang menang 2-0 di markas CSKA Moscow. Pemain Belgia Svilar menjadi kiper termuda yang melakukan debut di Liga Champions dan setelah menikmati satu jam pembukaan yang bagus, ia memberikan kemenangan kepada United dengan kesalahan fatal yang menggaris bawahi minimnya pengalaman yang dimilikinya.

Rashford melepaskan tendangan bebas jarak jauh dari sisi kiri yang mengarah lurus ke kiper muda itu, yang mampu menangkap bola namun melangkah mundur melewati garis gawang dengan merentangkan lengannya.

Hasil ini menutup penampilan ompong United yang nyaris serupa seperti saat mereka bermain imbang 0-0 dengan Liverpool di Liga Inggris, namun hasil ini memperpanjang catatan tidak terkalahkan mereka di kedua kompetisi musim ini di bawah asuhan manajer Jose Mourinho.

Pria Portugal itu, yang sempat bekerja di Benfica sebagai asisten dan kemudian pelatih kepala pada 2000 pada fase awal karier manajerialnya, menurunkan formasi percobaan namun tim tuan rumah terlihat lebih berpeluang mencetak gol pada 30 menit pertama.

Terlihat kerepotan dan minim ide dengan dua pemain di lapangan tengah yang diisi Nemanja Matic dan Ander Herrera, tim tamu mendapatkan peluang pertama mereka pada menit ke-36 ketika Svilar mampu memblok tembakan Matic dari jarak sepuluh meter.

Putra mantan kiper Serbia Ratko Svilar itu juga menggagalkan upaya Anthony Martial pada fase akhir laga, namun semua kerja bagusnya dirusak oleh kesalahan yang membuat Benfica terpuruk di dasar klasemen grup dengan tanpa poin sama sekali dari tiga pertandingan. Benfica harus tampil dengan sepuluh pemain pada akhir pertandingan ketika bek Luisao diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning keduanya. (grd/ant)