BARCELONA (Bisnis Jakarta) – Lionel Messi mencetak gol ke-100nya di kompetisi Eropa ketika Barcelona semakin dekat lolos ke fase gugur Liga Champions, berkat kemenangan 3-1 atas Olympiakos pada Rabu (Kamis Wib) meski memainkan seluruh babak kedua dengan sepuluh pemain.

Gerard Pique diusir keluar lapangan dua menit sebelum turun minum karena dua kartu kuning, pertama karena menarik kaus pemain lawan dan beikutnya karena menampar bola ke jala gawang, namun Barca tidak banyak terancam oleh Olympiakos setelah turun minum, di mana pertahanan tim Yunani itu tampil buruk.

Barca membuka keunggulan pada menit ke-18 pada malam yang diguyur hujan di Nou Camp, ketika bek tim tamu Dimitrios Nikolaou membelokkan umpan silang Gerard Deulofeu ke gawangnya sendiri. Messi mencetak gol ke-100nya di Eropa dari tendangan bebas pada menit ke-61 untuk menggandakan keunggulan Barca. Itu merupakan gol ke-97nya di Liga Champions, sedangkan tiga gol lainnya di Eropa dibukukan di Piala Super UEFA.

Pemain Argentina itu kemudian membuka jalan untuk membongkar pertahanan tim tamu beberapa saat kemudian untuk memberi umpan kepada bek kiri asal Prancis Lucas Digne, untuk mengemas gol perdananya di Liga Champions untuk Barca.

Bek Yunani Nikolaou memasukkan bola ke gawang untuk kedua kalinya di pertandingan ini, dengan menanduk bola menjadi gol dari tendangan penjuru untuk memberikan gol hiburan bagi Olympiakos pada menit ke-89. (grd/ant)