MILAN (Bisnis Jakarta) – Sami Khedira mengemas trigol saat juara bertahan Liga Italia Juventus bangkit dari ketinggalan untuk menghancurkan Udinese dengan skor 6-2 pada Minggu, meski mereka bermain lebih dari satu jam dengan sepuluh pemain. AC Milan juga kalah jumlah pemain sebelum menit ke-30 setelah kapten Leinardo Bonucci diusir keluar lapangan karena menyikut pemain lawan, namun pertandingan mereka berakhir dengan sangat berbeda dengan hasil imbang tanpa gol saat melawan tim papan bawah Genoa.

Benevento menjadi tim pertama sepanjang sejarah Liga Italia yang menelan kekalahan pada sembilan pertandingan pertamanya di musim baru, ketika mereka takluk 0-3 dari Fiorentina, sedangkan AS Roma mencatatkan kemenangan tandang beruntun ke-11nya di ajang liga, berkat kemenangan 1-0 di markas Torino.

Juve, yang hanya mendapatkan satu poin dari dua pertandingan mereka sebelumnya, tertinggal lebih dulu akibat gol Stipe Perica pada menit kedelapan. Sang juara bertahan segera menyamakan kedudukan ketika pemain Udinese Samir menanduk bola tendangan sudut ke gawangnya sendiri pada menit ke-14, dan Khedira menyundul bola untuk membawa tim tamu berbalik unggul pada menit ke-20.

Lima menit berselang, penyerang Juve Mario Mandzukic mendapatkan kartu kuning karena berseteru dengan Ali Adnan, kemudian melecehkan wasit, dan segera diusir keluar lapangan. Juve terlihat akan terpukul ketika Danilo menyamakan kedudukan untuk Udinese pada menit ke-48, namun justru tandukan Daniele Rugani membawa mereka kembali menyamakan kedudukan empat menit berselang.

Hal itu membuka banjir gol, di mana Khedira mengemas dua gol lagi sebelum Miralem Pjanic melengkapi pembantaian untuk membuat tim peringkat ketiga Juventus tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen Napoli dan tertinggal satu poin dari Inter Milan.

AC Milan, yang dicemooh oleh para penggemar mereka sendiri setelah hasil imbang yang didapatnya, turun ke peringkat ke-11 dengan 13 poin dari sembilan pertandingan meski telah menghabiskan lebih dari 200 juta euro pada bursa transfer musim panas.

“Ini merupakan saat yang tidak biasa,” kata pelatih Milan Vincenzo Montella. “Kami menciptakan lebih banyak peluang bahkan ketika kami kekurangan pemain. Kami harus tetap bersatu dan itulah yang akan kami lakukan untuk pertandingan selanjutnya.” Milan telah kesulitan untuk menundukkan Genoa ketika Bonucci berduel dengan Aleandro Rosi dengan sikunya saat Milan mendapatkan tendangan sudut, membuat pemain Genoa itu memerlukan luka sobek yang dalam pada wajahnya serta memerlukan perawatan selama beberapa menit.

Pada waktu itu wasit berkonsultasi dengan rekaman ulang video dan memberikan kartu merah kepada Bonucci. Namun Milan justru mampu mengimbangi Genoa ketika mereka kalah jumlah pemain, menciptakan beberapa peluang, dan penampilan penuh semangat mereka mungkin cukup untuk menyelamatkan Montella.

Namun itu dapat menjadi lebih buruk bagi tuan rumah jika Genoa, yang memiliki enam poin, juga memaksimalkan peluang-peluang yang dimilikinya. Roma naik ke peringkat kelima dengan 18 poin setelah Aleksandar Kolarov mencetak gol dengan tendangan bebas dari jarak 25 meter pada menit ke-69.

Marco Benassi, Khouma Babacar and Cyril Thereau, dengan eksekusi penalti, mencetak gol-gol Fiorentina ketika mereka menambahi penderitaan klub juru kunci Benevento. Chievo bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-2 atas Verona pada derby mereka, di mana Sergio Pellisier mencetak gol kemenangan pada menit ke-73 setelah Roberto Inglese mengemas sepasang gol di babak pertama.

Gelandang Verona asal Argentina Bruno Zuculini menjalani malam yang buruk, ketika ia mendapatkan kartu kuning karena membuang bola tendangan bebas yang memicu terciptanya gol pertama Inglese, membuat lawannya dihukum penalti yang berujung pada gol kedua Inglese, dan diusir keluar lapangan tujuh menit sebelum turun minum.

Sassuolo menang 1-0 di markas SPAL meski gagal memaksimalkan penalti dan harus kehilangan satu pemain karena diusir keluar lapangan. Matteo Politano mencetak gol setelah 45 detik untuk Sassuolo sebelum Domenico Berardi menyia-nyiakan penalti larut dan Francesco Cassata diusir keluar lapangan karena tekel larut tiga menit setelah melakukan debutnya di Liga Italia. (grd/ant)