JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Tim nasional Indonesia baik U-23 dan senior akan kembali menjalankan pertandingan uji coba internasional yang kini tengah disiapkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, PSSI menyebut laga-laga tersebut rencananya dilangsungkan pada 18 dan 25 November 2017 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, atau di luar jadwal resmi pertandingan internasional FIFA 6-14 November 2017.

PSSI memiliki alasan mengapa laga tersebut dilaksanakan di luar jadwal FIFA. “Kami ingin memberikan kesempatan kepada pemain dan klub untuk terlebih dahulu menyelesaikan Go-Jek Traveloka Liga 1 dengan baik,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha.

Terkait calon lawan, PSSI saat ini menjajaki Suriah dan Jordania sebagai calon lawan timnas U-23. Kedua negara itu dipilih oleh PSSI karena termasuk tim kuat di kawasan Asia Barat dan mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018 yang akan berlangsung di China pada Januari 2018.

Dari laga tersebut, pelatih timnas U-23 Luis Milla diharapkan memiliki gambaran skuat untuk mengikuti Asian Games pada 2018. Sementara tim nasional senior Indonesia diproyeksikan akan bertanding kontra timnas Guyana, negara dari pesisir utara Amerika Selatan dan kini berada di peringkat 165 FIFA atau sama dengan Indonesia.

Sebelumnya, timnas senior Indonesia udah menjalani lima kali laga uji coba yaitu menghadapi Myanmar, Kamboja (dua kali), Puerto Rico dan Fiji. (grd/ant)